Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menjalankan Program Paint ‘Jadul’ Pada Windows 10

[Foto: fossbytes.com]
Perlahan tapi pasti, Windows 10 mulai menggantikan program-program ‘jadul’ nya dengan program-program yang baru. Sebut saja browser Internet Explorer yang telah digantikan oleh Microsoft Edge, atau Control Panel yang digantikan oleh Settings. Pada update Anniversary juga, program Sticky Notes digantikan oleh Sticky Notes versi terbaru, dan Windows Photo Viewer digantikan oleh aplikasi Photo. Microsoft Paint juga merupakan salah satu program veteran yang tidak luput dari pembaharuan ini dan digantikan dengan Paint 3D. Meskipun Paint 3D menghadirkan semua fitur dasar yang ada pada Microsoft Paint, namun banyak orang yang lebih senang dan memilih untuk menggunakan Microsoft Paint. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengaktifkan dan menggunakan program Paint yang lama pada Windows 10.

Meng-uninstall Paint 3D untuk menggunakan Microsoft Paint pada Windows 10

Meskipun sebenarnya mustahil untuk menggunakan program Paint, namun sebenarnya program tersebut masih merupakan bagian dari Windows 10.  Oleh karena itu, Anda bisa dengan mudah mengaktifkan kembali program Paint hanya dengan meng-uninstall aplikasi Paint 3D yang baru. Ini dia cara untuk melakukannya.

Baca Juga:  Cara Mengimpor Password Browser Internet Explorer ke Microsoft Edge

  • Buka Settings, masuk ke menu System -> Apps & features.
  • Klik aplikasi Paint 3D untuk melihat tombol Uninstall. Setelah terbuka, pilih tombol Uninstalllalu klik lagi tombol Uninstall ketika Anda melihat kotak dialog yang berisi konfirmasi.
  • Setelah aplikasi Paint 3D berhasil diuninstall, Anda bisa membuka program Paint versi lama dengan mengetikkan Paint di kotak pencarian pada menu Start/taskbar, kemudian tekan tombol Enter ketika muncul hasil pencarian.
  • Jika program Paint tidak bisa terbuka karena satu atau dua hal, Anda bisa menginstall kembali aplikasi paint 3D dengan mengunjung halaman ini dan mengklik tombol Get untuk menginstallnya kembali,

Mengaktifkan program Paint melalui Registry

  • Buka Registry Editor dengan mengetikan Regedit pada kolom pencarian di start menu/taskbar, kemudian pencet tombol enter.
  • Pada Registry Editor, masuklah ke dalam key berikut ini

    HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ Windows\CurrentVersion\Applets\Paint\Settings

  • Pilih Settings. Di sisi kanan, buatlah DWORD (32-bit) value yang baru kemudian beri nama DisableModernPaintBootstrap.
  • Selanjutnya, klik dua kali pada value DisableModernPaintBootstrap yang baru saja dibuat, kemudian ubah value data menjadi “1” (tanpa tanda kutip) untuk membuat Windows 10 Anda menjalankan program Paint yang dulu ketika Anda mengetikkan Paint pada kotak pencarian di Start/taskbar.
Baca Juga:  Cara Mengunduh Windows 10 Creators Update pada PC Windows 10

Menginstall program Paint di Windows 10

Anda tidak akan bisa menggunakan metode 1 dan metode 2 untuk mengaktifkan Paint jika program Paint yang lama tidak ada di build Windows 10 yang terbaru. Untuk itu, Anda harus menggunakan metode ini untuk mengaktifkan program Paint yang lama di Windows 10.

  • Unduh installer untuk program Paint yang lama dari tautan yang satu ini.
  • Jalankan installer tersebut, kemudian install program Paint tersebut seperti program-program lain pada umumnya. Ketika Anda menjalankan installer, sistem Windows Anda mungkin akan memperingatkan Anda untuk tidak menjalankan program tersebut. Jika hal ini terjadi, klik More Info kemudian klik tombol Run anyway.
  • Setelah selesai menginstall program tersebut, Anda bisa langsung mengetikkan Paint pada kolom pencarian di menu Start/Taskbar untuk menjalankan program tersebut.