Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menonaktifkan Ads pada File Explorer di Windows 10

[Gambar: slashgear.com]
Sebagai pengguna Windows 10, mungkin Anda merasa bahwa sistem operasi ini adalah versi yang terbaik sejauh ini. Namun, bukan berarti sistem operasi ini benar-benar sempurna dan bebas cela. Salah satu hal yang sering dipermasalahkan adalah kemunculan ads atau iklan pada lock screen dan Start menu. Selain merasa tidak memerlukan apa yang ditawarkan pada iklan tersebut, terkadang kemunculan iklan bisa mengganggu kerja Anda.

Tidak tanggung-tanggung, selain menampilkan iklan dan rekomendasi aplikasi pada Start menu dan lock screen, Microsoft juga menampilkan iklan di dalam File Explorer Anda. Salah satu iklan yang sering muncul adalah ajakan bagi pengguna untuk menguprade ke Creators Update untuk Windows 10. Microsoft sendiri mengatakan bahwa fitur yang disebut Sync provider notification ini dirancang untuk membantu pengguna untuk meningkatkan pengalaman menggunakan Windows 10. Notifikasi yang berisi informasi dan tautan produk Microsoft ini muncul tepat di bawah address bar pada File Explorer.


Memang tidak semua pengguna merasa terganggu dengan informasi mengenai Windows 10 dan fitur terbarunya, namun seringkali Microsoft juga menggunakan fitur tersebut untuk menampilkan iklan. Misalnya, seorang pengguna mengklaim bahwa File Explorer pada Windows 10 menampilkan tawaran berlangganan OneDrive dan Office 365. Bagi Anda yang merasa fitur ini mengganggu, jangan mengeluh dulu. Ada opsi pada Folder Options Windows 10 untuk mematikan fitur Sync provider notifications pada File Explorer. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya.

Metode 1

Menonaktifkan ads pada Windows Explorer di Windows 10 

Ikuti petunjuk di bawah untuk menonaktifkan fitur Sync provider notifications atau ads di File Explorer.

Langkah 1: Jalankan File Explorer. Klik menu File kemudian klik Change folder and search options atau Options untuk membuka Folder Options.

Langkah 2: Pada kotak dialog Folder Options, klik tab View.

Langkah 3: Di dalam bagian Advanced settings, cari opsi Show sync provider notifications. Hilangkan tanda centang pada opsi Show sync provider notifications, kemudian klik Apply untuk menerapkan perubahan. Selesai!

Metode 2

Menonaktifkan notifikasi/iklan pada File Explorer melalui Registry

Langkah 1: Jalankan Registry Editor. Ketikkan Regedit pada kolom pencarian Start menu atau taskbar, kemudian tekan tombol Enter. Jika Anda melihat kotak User Account Control, klik tombol Yes untuk membuka Registry Editor.

Langkah 2: Pada layar Registry Editor, masuk ke key berikut ini:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\ CurrentVersion\Explorer\Advanced

Langkah 3: Pada sisi kanan, cari DWORD ShowSyncProviderNotifications, klik dua kali pada entri tersebut, lalu ubah value data ke 0 (nol) untuk menonaktifkan notifikasi. Untuk mengaktifkan kembali notifikasi, ubah value data menjadi  1. Perlu dicatata, jika entri DWORD ShowSyncProviderNotifications tidak ada, Anda bisa mengklik kanan pada ruang kosong, klik New, pilih DWORD (32-bit) dan beri nama ShowSyncProviderNotifications.