Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menonaktifkan dan Menghapus Akun Instagram

[Foto: iphoneized.com]
Media sosial seperti Instagram acap kali menyita banyak waktu dalam kehidupan masyarakat modern. Meskipun kehadirannya memang bisa mempermudah orang untuk berekspresi dan berkomunikasi, namun ia juga bisa menghambat produktivitas dan berdampak negatif pada seseorang. Jika Anda merasa lelah dengan Instagram dan merasa hidup Anda akan jauh lebih baik tanpanya, mungkin pernah terlintas di benak Anda untuk menghapus akun Instagram Anda. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menonaktifkan akun Instagram secara sementara tanpa menghapusnya? Ini dia langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menonaktifkan atau menghapus akun Instagram Anda.

Menonaktifkan akun Instagram. Dengan pilihan ini, data-data akun Instagram Anda tidak akan dihapus secara permanen melainkan dinonaktifkan atau disembunyikan sementara. Selain foto-foto pada Instagram, semua komentar dan like Anda juga akan disembunyikan untuk sementara waktu. Untuk kembali mengaktifkannya kembali, Anda tinggal login kembali pada akun tersebut. Perlu diingat, Anda hanya bisa menonaktifkan akun Instagram Anda sekali dalam seminggu. Berikut ini cara menonaktifkan akun Instagram:


  • Buka website Instagram melalui browser Anda. Anda tidak bisa menonaktifkan akun melalui aplikasi mobile Instagram.
  • Login pada akun yang akan dinonaktifkan. Klik ikon Profil Instagram Anda yang ada di pojok kanan atas layar. Pilih opsi Edit Profile yang ada pada bagian bio.
  • Pilih opsi Temporarily Disable Account yang ada di bagian pojok kanan bawah.
  • Setelah itu, Instagram akan menanyakan alasan kenapa Anda ingin menonaktifkan akun Anda. Setelah memilih satu opsi dari drop-down menu yang ada, masukkan kata sandi Anda pada kotak yang tersedia.
  • Kemudian klik tombol merah yang bertuliskan Temporarily Disable Account.
  • Akun Anda pun akan langsung dinonaktifkan.

Menghapus akun Instagram secara permanen. Jika keputusan Anda sudah bulat dan Anda benar-benar serius ingin menghapus akun Instagram Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Ingat, setelah melakukan ini, seluruh data Instagram Anda akan terhapus dan tidak ada cara lagi untuk mengembalikannya. Selain itu juga, jika Anda ingin membuat akun baru lagi di kemudian hari, Anda tidak akan bisa menggunakan username yang sama seperti akun yang telah Anda hapus. Oleh karena itu, ubah username Instagram Anda sebelum dihapus untuk jaga-jaga. Siapa tahu kelak Anda ingin bikin lagi akun Instagram dengan username tersebut.

  • Melalui browser Anda, buka halaman Delete Your Account untuk menghapus akun Instagram secara permanen. Sama seperti sebelumnya, Anda harus login terlebih dahulu sebelum meneruskan.
  • Pilih salah satu alasan mengapa Anda ingin menghapus akun Instagram Anda. Setelah memilih satu alasan, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi.
  • Setelah itu, pilih tombol dengan tulisan Temporarily Disable Account.
  • Akun Anda pun akan dihapus, beserta seluruh foto, komen, dan likes yang ada.