Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menonaktifkan Pop-Up OneDrive pada Windows 10

[Gambar: Microsoft OneDrive]
Microsoft memiliki sebuah layanan cloud bernama OneDrive yang sudah terpasang dan terintegrasi di dalam Windows 10. Bagi pengguna yang memiliki dan menggunakan akun Microsoft untuk sign-in ke Windows 10, Anda bisa langsung menggunakan OneDrive. Cukup dengan mengklik ikon OneDrive di Windows Explorer, Anda bisa langsung mengakses data yang tersimpan pada OneDrive. Namun, jika Anda mengguna akun pengguna lokal, maka seringkali Anda akan melihat kotak pop-up berisikan setup OneDrive yang muncul pada layar komputer Anda. Kebanyakan pengguna yang menggunakan layanan penyimpanan cloud lain seperti Google Drive  atau Dropbox tentunya tidak ingin menggunakan layanan OneDrive ini. Oleh karena itu, lama kelamaan pop-up semacam ini bisa sangat mengganggu. Jika Anda ingin menghentikan kemunculan pop-up tersebut, ada dua cara yang bisa Anda lakukan: menonaktifkan OneDrive di Group Policy atau meng-uninstall OneDrive.

Menonaktifkan OneDrive melalui Group Policy


Fitur Group Policy tidak tersedia pada Windows 10 Home edition. Jadi, jika Anda menggunakan Home edition, silahkan gunakan metode selanjutnya.

  • Buka Group Policy Editor. Caranya, ketik Gpedit.msc pada kotak pencarian di menu Start, kemudian tekan Enter.
  • Di halaman Local Group Policy, buka Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> OneDrive.
  • Pada bagian kanan, klik dua kali pada Prevent the usage of OneDrive for file storage untuk membuka properties-nya.
  • Pilih opsi Enabledkemudian klik tombol Apply.

Uninstall OneDrive melalui Command Prompt

Proses uninstall tidak dilakukan melalui Control Panel karena proses penghapusan tidak akan menyeluruh seperti melalui command prompt ini.

  • Buka Command Prompt sebagai administrator. Caranya, ketik CMD pada kotak pencarian di menu Start, klik kanan pada hasil pencarian kemudian pilih opsi Run as administrator.
  • Pada layar Command Prompt, ketik teks di bawah untuk menghentikan aktivitas OneDrive

taskkill /f /im OneDrive.exe

  • Selanjutnya, ketik perintah di bawah ini untuk meng-uninstall OneDrive.

Untuk pengguna Windows 10 versi 32-bit:

%SystemRoot%\System32\OneDriveSetup.exe /uninstall

Jika Anda menggunakan Windows 10 versi 64-bit, ketik perintah di bawah:

%SystemRoot%\SysWOW64\OneDriveSetup.exe /uninstall