Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menulis dan Mengedit Tulisan WordPress Melalui Google Docs

[Foto: pixabay.com]
Bagi Anda yang bekerja secara remote, Google Docs barangkali adalah satu tool wajib yang harus Anda gunakan, khususnya jika Anda bekerja sebagai penulis atau editor. Google Docs merupakan sebuah produk dari Google yang memungkinkan Anda untuk membuat dokumen, mendownloadnya ke dalam berbagai format layaknya dokumen offline, membagikannya kepada orang lain, hingga melakukan proses editing dengan user lain secara real-time.
Berbagai kemudahan yang ditawarkan Google inilah yang membuat Google Docs menjadi salah satu platform paling populer di kalangan content writer ataupun penulis freelance lainnya.

Di satu sisi, lebih dari seperempat website yang ada di dunia menggunakan WordPress sebagai platform atau CMSnya. Interface yang sederhana, ditambah dengan berbagai fitur pendukung yang disediakan WordPress membuat sebagian besar blogger memilih untuk menggunakan platform ini untuk mengatur konten dalam sebuah website. Meski demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan milyaran user yang menggunakan WordPress tetap memakai tools lain dari pihak ketiga dalam proses kerja-kerjanya, salah satunya Google Docs.


Alih-alih berkompetisi, Google Docs dan WordPress akhirnya memutuskan untuk berkolaborasi. Hal tersebut diumumkan melalui situs WordPress beberapa waktu lalu, di mana sekarang pengguna WordPress bisa langsung menulis dan mengedit tulisan melalui Google Docs yang terintegrasi langsung dengan platform WordPress.
Seperti yang kita tahu, meski terhitung sebagai platform yang paling mudah dan praktis digunakan untuk aktivitas posting, WordPress memang memiliki beberapa kelemahan, di antaranya tidak memungkinkan untuk adanya editing secara real-time. WordPress juga tidak memungkinkan dua user atau lebih untuk berkolaborasi dalam satu post yang sama seperti layaknya di Google Docs. Jadi, kini setelah keduanya berkolaborasi, pekerjaan menulis dan memposting tulisan akan lebih mudah dan praktis. Sebab, penulis tidak perlu lagi melakukan copy-paste dari tulisan di Docs ke WordPress, tetapi bisa langsung di satu tempat, termasuk juga untuk editing dan bekerja dengan coworker lainnya.

Mengintegrasikan Platform WordPress dan Google Docs

Melalui situsnya, WordPress mengumumkan bahwa kolaborasi dengan Google Docs ini akan sama mudahnya seperti kita menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya di platform WordPress. Dengan REST API yang dimiliki WordPress, kini proses integrasi tersebut akan semakin mudah.

User hanya perlu menginstall Google Docs Extension di browsernya. Kemudian, user dapat membuka menu extension tersebut melalui tab Add-ons pada Google Docs. Setelah mengintegrasikan dengan situs WordPress yang Anda miliki, kini Anda bisa menggunakan fitur tersebut dengan bebas.

Melalui kolaborasi ini, Anda bisa langsung menulis dan mengedit tulisan baik secara personal maupun berkolaborasi dengan user lain di Google Docs. Anda juga bisa langsung mengunggah gambar dan mengatur layout tulisan seperti yang Anda inginkan.

Jika sebelumnya Anda harus mengcopy-paste dan mengatur kembali visual untuk post Anda di WordPress, dengan extension ini Anda bisa langsung menyimpannya sebagai draft di WordPress tanpa perlu pengaturan lebih lanjut.
Untuk keamanan, Anda tidak perlu khawatir, karena WordPress hanya bisa mengakses dokumen tertentu yang telah diintegrasikan dengan platform. WordPress tidak akan bisa membaca keseluruhan data di dalam Drive Anda. Tak hanya itu, Anda pun akan diberi tahu apabila terdapat editing di dalam WordPress setelah terakhir kali Anda membukanya di Google Docs. Jadi, bagi Anda yang ingin kemudahan untuk menulis maupun editing secara online sekaligus mempostingnya melalui WordPress, kini tak ada salahnya Anda mencoba fitur ini.