Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menutup dan Menghapus Akun Microsoft Dengan Mudah

[Foto: thenextweb.com]

Bagi yang menggunakan produk dan layanan Microsoft, pastinya sudah tidak asing lagi dengan akun Microsoft. Layanan seperti mesin pencari Bing memang bisa digunakan tanpa akun Microsoft, namun layanan lain seperti Microsoft To-Do, OneDrive, dan Office Online membutuhkan sebuah akun Microsoft. Seperti yang diketahui, kebanyakan pengguna yang menggunakan layanan Google Mail biasanya hanya membuat akun Microsoft jika ingin menggunakan layanan Microsoft. Oleh karena itu, saat mereka tidak lagi menggunakan layanan atau produk Microsoft mereka bisa saja ingin menutup atau menghapus akun Microsoft nya.

Sebelum masuk ke cara menutup dan menghapus akun Microsoft Anda, saya merekomendasikan pada Anda untuk tetap menyimpan akun Microsoft tersebut. Berhubung membuat akun Microsoft itu gratis, Anda dapat menyimpan akun tersebut meskipun Anda tidak menggunakannya. Karena Anda dapat menggunakan akun Microsoft kapan saja saat Anda mau, tidak ada gunanya menutup akun Anda kecuali jika Anda ingin membuat akun Microsoft yang lain.

Selain itu, dengan menghapus akun Microsoft, semua email, lampiran, saldo akun dan data lain yang mungkin Anda simpan di akun OneDrive Anda bisa terhapus. Selain itu, Anda juga akan kehilangan semua kontak Anda. Jadi, pastikan Anda telah membuat backup dari semua email dan file dari OneDrive ke PC sebelum menutup akun Anda.


Lalu, bagaimana cara untuk menghapus akun Microsoft Anda? Mari kita simak langkah-langkahnya.

Cara Menutup dan Menghapus Akun Microsoft Anda

Berikut ini panduang lengkap cara menutup dan menghapus akun Microsoft (Live, Hotmail, dan Outlook.com).

Langkah 1: Kunjungi halaman ini, lalu log in ke akun Microsoft yang ingin Anda tutup dan hapus. Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Langkah 2: Setelah berhasil sign in, Anda akan melihat sebuah halaman dengan tulisan “Make sure example@outlook.com is ready to close” (“Pastikan example@outlook.com sudah siap ditutup”). Klik tombol Next untuk melanjutkan.

Langkah 3: Selanjutnya, Anda akan melihat halaman dengan tulisan “Mark example@outlook.com for closure” (“Menandai example@outlook.com untuk ditutup”). Di sini, beri tanda centang pada semua check box yang ada untuk menandakan bahwa Anda telah membaca semua item. Pastikan Anda memberi tanda centang setelah membaca semua item dari check box tersebut. Pada halaman yang sama, pilihlah alasan yang membuat Anda menutup akun tersebut. Kemudian klik tombol Mark account for closure. Anda pun bisa melihat kapan akun Anda akan dihapus secara permanen.

Perlu diingat, ketika Anda menutup dan menghapus akun Microsoft Anda, Microsoft tidak akan langsung menghapusnya secara permanen. Microsoft akan memberi waktu selama 60 hari sebelum menutup akun Anda secara permanen, kalau-kalau Anda berubah pikiran. Artinya, dalam periode waktu 60 hari, Anda dapat membuka kembali akun Microsoft Anda yang dinonaktifkan dengan menjawab pertanyaan keamanan akun Microsoft.