Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menyalakan dan Mematikan Night Light di Windows 10 Secara Otomatis

[Foto: pastorerickson.com]
Layar komputer memancarkan sinar kebiruan ketika ia dinyalakan. Meskipun cahaya kebiruan ini terlihat bagus pada saat siang hari, namun pada ruangan yang redup atau gelap, akan terasa tidak nyaman ketika melihatnya. Hasil riset juga menunjukkan bahwa cahaya kebiruan pada layar komputer Anda dapat mempengaruhi tidur Anda.

Sebelumnya, banyak peranti lunak yang menawarkan fitur untuk secara otomatis mengubah temperatur warna pada layar komputer Anda berdasarkan waktu. Alat ini secara otomatis mengatur temperatur warna layar menjadi warna yang lebih hangat jika waktu sudah semakin larut agar tidak merusak mata dan mempermudah Anda untuk tidur nyenyak. Sejak Creators Update untuk Windows 10 (versi 1703), sebuah fitur yang sama hadir di Windows 10 dan bisa secara otomatis mengubah temperatur warna layar berdasarkan waktu. Fitur baru Windows 10  ini bernama Night Light.

Fitur Night Light memiliki dua opsi untuk menyalakan dan mematikan mode Night Light secara otomatis: timing manual dan sunset to sunrise. Jika Anda menggunakan opsi sunset to sunrise, Windows 10 secara otomatis akan membuat temperatur warna layar menghangat pada saat matahari terbenam (ia menggunakan lokasi Anda untuk mengetahui waktu matahari terbenam dan terbit) dan mematikan mode Night light pada saat pagi hari. Inilah cara untuk secara otomatis menyalakan dan mematikan mode Night Light di Windows 10. Perlu diingat, Anda harus menggunakan Windows 10 versi 1703 ke atas untuk bisa menggunakan fitur baru ini.


Secara otomatis menyalakan dan mematikan night light (manual timing)

Langkah 1: Buka aplikasi Settings. Masuk ke System -> Display.

Langkah 2: Pada bagian Brightness and color, klik tautan Night light settings untuk membuka halaman Settings untuk fitur Night light.

Langkah 3: Pada halaman Night light settings, Anda dapat memilih temperature warna untuk mode Night light, dan menjadwalkan Night light. Nyalakan opsi Schedule Night light. Pilih opsi Set hours.

 

Langkah 4: Pilih waktu yang Anda inginkan untuk secara otomatis mematikan dan menyalakan mode Night light ini setiap harinya. Mudah, bukan?

Menyalakan night light pada waktu sunset dan mematikan pada waktu sunrise

Ini adalah cara terbaik untuk secara otomatis menyalakan dan mematikan fitur Night light. Metode sunset to sunrise ini secara otomatis menyalakan fitur Night light ketika matahari terbenam dan menyalakan fitur tersebut pada waktu matahari terbit. Fitur ini menggunakan lokasi Anda, oleh karena itu Anda harus mengaktifkan location service untuk menggunakan metode ini.

 

Langkah 1: Masuk ke aplikasi Settings -> System -> Display.

Langkah 2: Pada bagian Brightness and color, klik pada tautan Night light settings.

Langkah 3: Di bagian Schedule, nyalakan opsi Schedule Night light. Dan jika Anda melihat pesan Turn on location services to schedule Night light at sunset, klik tautan Location settings untuk menyalakan location service. Seperti yang dikatakan sebelumnya, fitur ini membutuhkan location service.

Langkah 4: Pilih opsi Sunset to sunrise. Selesai! Mulai dari sekarang, PC Windows 10 Anda akan secara otomatis menyalakan night light pada saat sunset dan mematikannya pada saat sunrise. Selamat mencoba.