Home  »  News   »  
News

Cara Menyembunyikan Alamat Penerima Surat Elektronik pada Gmail

[Foto: pcadvisor.co.uk]
Seringkali, kita harus mengirimkan sebuah surat elektronik atau e-mail ke beberapa orang secara sekaligus. Cara paling mudah adalah mencantumkan lebih dari satu alamat surel penerima pada kolom Cc: atau carbon copy di bagian kolom penerima surel. Namun, ada kalanya penerima surel tersebut tidak ingin penerima lain tahu alamat surel mereka. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyembunyikan alamat-alamat surel penerima. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur Bcc: atau blind carbon copy. 

Kapan saya sebaiknya menggunakan fitur Bcc?

Meskipun para penerima tidak akan mengetahuinya, namun batasi penggunaan fitur Bcc ini untuk menjaga privasi penerima ketika Anda mengirimkan surel ke dalam sebuah kelompok yang anggotanya tidak saling mengenal satu sama lain. Di luar kasus itu, lebih baik Anda tidak menggunakan Bcc dan tambahkan semua penerima ke dalam kolom To atau Cc. Gunakan kolom To untuk penerima langsung dari surel tersebut, dan kolom Cc bagi orang-orang yang hanya menerima salinan surel tersebut (tanpa memiliki kewajiban untuk merespon surel tersebut.) Berbeda dengan Bcc, alamat surel pada kolom To dan Cc akan ditampilkan pada semua penerima surel tersebut.

Mengapa kita tidak boleh sembarangan dalam menggunakan Bcc? Sebenarnya ini berkaitan dengan etika dan tata krama. Anda tentu saja bisa mengirimkan Bcc pada banyak orang tanpa perlu memberi tahu penerima tersebut. Tapi jika Anda pikir tidak etis jika Anda diam-diam mengirimkan surel yang sama kepada orang lain tanpa sepengetahuan penerima, mungkin Anda harus lebih membatasi penggunaan Bcc. Sebagai solusinya, Anda bisa mengimplikasikan atau mungkin menyebutkan bahwa email tersebut ditujukan dan memang dikirimkan pada anggota-anggota kelompok tertentu.


Cara menyembunyikan alamat penerima surel dengan fitur Bcc di Gmail

Berikut ini cara untuk menyembunyikan alamat penerima surel pada Gmail:

  • Buka Gmail (https://mail.google.com) kemudian log in ke akun Anda.
  • Klik Compose yang terletak di kiri atas layar untuk membuat pesan baru.
  • Ketikkan penerima surel utama pada kolom To:. Jika Anda ingin menyembunyikan semua alamat surel penerima, Anda bisa membiarkan kolom To: ini kosong atau mengisinya dengan alamat Gmail Anda sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa jika Anda mengosongkan atau mengisi kolom To: dengan akun Gmail sendiri, ada kemungkinan surel tersebut akan masuk ke dalam Spam. Jadi, jangan lupa untuk menginformasikan pada penerima untuk mengecek folder spam juga jika surel tidak masuk ke dalam Inbox.
  • Klik Bcc. Anda juga bisa memencet tombol Ctrl-Shift-B (Windows, Linux) atau Command-Shift-B (Mac).
  • Masukkan semua alamat surel penerima pada kolom Bcc:.
    • Pastikan Anda memisahkan setiap alamat surel dengan tanda komo. (Biasanya bisa juga menekan tombol Enter setiap selesai mengetikkan sebuah alamat surel.)
    • Jika Anda sering mengirimkan surel pada sekelompok penerima yang sama, Anda juga bisa menggunakan fitur Group atau Mailing List pada Gmail.
  • Jangan lewatkan kolom Subject, kemudian ketikkan isi dari surel tersebut.
[Gambar: Screenshot gmail.com]
  • Kurang lebih, tampilannya akan seperti gambar di atas. Jika sudah, klik tombol Send untuk mengirimkan pesan.