Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menyetel Pemindai Sidik Jari Pada Samsung Galaxy S8

[Foto: Mashable.com]
Fitur pemindaian iris dan fitur unlock dengan facial recognition pada Galaxy S8 mungkin terlalu canggih bagi Anda. Tidak ada salahnya untuk tetap setia menggunakan cara lama yang sudah menjadi bagian dari rutinitas Anda. Misalnya, menggunakan fitur pemindaian sidik jari untuk membuka kunci smartphone Anda.

Samsung Galaxy S8 juga memiliki sensor sidik jari yang bisa Anda gunakan. Letaknya ada di bagian belakang perangkat, tepat di samping lensa kamera utama. Setelah mendaftarkan sidik jari Anda, Anda akan bisa menggunakannya untuk membuka kunci smartphone, membuka folder Secure, membayar dengan Samsung Pay, dan membuka brankas ke akun perbankan online Anda (asalkan aplikasi bank Anda mendukung fitur ini). Berikut ini adalah cara untuk menyetel fitur pemindai sidik jari pada Samsung Galaxy S8.

Cara menyetel sensor pemindai sidik jari pada Samsung Galaxy S8


  1. Swipe ke bawah dari bagian atas layar untuk menampilkan notification shade.
  2. Pilih ikon Settings atau Setelan yang terletak pada pojok kanan atas layar.
  3. Ketuk menu Lock screen and security.
  4. Pilih Fingerprint Scanner.
  5. Kemudian, ketuk Add fingerprint untuk menambahkan sidik jari ke dalam sistem.
  6. Pindai sidik jari Anda. Caranya, letakkan jari Anda (saya sarankan untuk menggunakan jari telunjuk) pada sensor pemindai sidik jari pada smartphone Anda. Angkat perlahan, letakkan kembali, kemudian ulangi cara ini. Coba juga gerakkan jari Anda sedikit ke arah kanan atau kiri selama proses pengulangan berlangsung. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sistem telah berhasil merekam semua bagian dari jari Anda. Lakukan terus hingga proses pemindaian mencapai angka 100 persen.

Setelah selesai, Anda dapat memilih untuk menambahkan sidik jari lain. Ini artinya, bukan hanya Anda saja yang bisa menggunakan pemindai sidik jari pada ponsel tersebut. Anda juga bisa menambahkan sidik jari pasangan Anda, misalnya, ke dalam sistem. Jika tidak ingin menambahkan sidik jari lain, Anda bisa keluar dari layar dengan mengetuk tombol Done.

Setelah kembali ke menu pengaturan Fingerprint Scanner, Anda dapat memilih untuk mengaktifkan Samsung Pass, yang bisa menggunakan sidik jari Anda untuk memverifikasi identitas Anda pada aplikasi apa pun yang mendukung fungsi ini. Dari sini, Anda juga bisa memilih untuk menggunakan sidik jari Anda untuk memverifikasi identitas Anda di akun Samsung Anda, dan juga pada akun Samsung Pay. Mudah dan cepat, bukan? Selamat mencobanya.