Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menyetel Ulang (Reset) Info Penggunaan Network Data pada PC Windows 10

[Gambar: Windows 10]
Tahukah Anda, bahwa terdapat fitur untuk memonitor penggunaan data built in di Windows 10. Tidak seperti pendahulunya, Windows 10 memungkinkan penggunanya untuk melihat penggunaan network data tanpa harus menginstall peranti lunak tambahan / pihak ketiga. Fitur network data usage monitor ini bisa diakses melalui Settings -> Network & Internet -> Data usage. Fitur ini bahkan bisa menunjukkan data yang digunakan oleh masing-masing aplikasi dan program yang ada pada PC Windows 10 Anda. Fitur ini akan sangat berguna bagi Anda yang ingin menghemat kuota atau mungkin memiliki keterbatasan kuota.

Meskipun fitur network data usage monitor ini memang berguna, fitur ini tetap memiliki kekurangan. Pada setelan default-nya, fitur ini akan menunjukkan jumlah network data yang digunakan oleh PC Windows 10 Anda pada 30 hari terakhir. Sayangnya, sama sekali tidak ada opsi untuk menghapus atau mereset data usage monitor tersebut.

Tidak adanya pilihan data reset berarti Anda tidak dapat melacak data pada periode waktu tertentu atau bulan yang tengah berjalan sebelum hari terakhir dalam bulan tersebut. Misalnya, jika siklus penagihan internet / telepon Anda dimulai dari tanggal 6 setiap bulannya, Anda tidak dapat mengatur ulang penggunaan data dari tanggal 6 untuk melacak penggunaan data sejak tanggal tersebut.


Meskipun begitu, sebenarnya tersedia solusi untuk menghapus dan mereset catatan penggunaan data jaringan. Yang perlu Anda lakukan adalah menghapus file sistem yang digunakan untuk menyimpan data rincian penggunaan data. Namun, karena metode ini mengharuskan Anda untuk melakukan penghapusan file sistem, banyak pengguna yang merasa tidak nyaman dengan metode tersebut.

Cara Menyetel Ulang (Reset) Penggunaan Data

Untungnya, telah tersedia sebuah program baru yang memungkinkan Anda untuk menyetel ulang keterangan penggunaan data jaringan di Windows 10. Peranti lunak gratis yang dinamakan Reset Data Usage ini memungkinkan Anda untuk mengatur ulang penggunaan data jaringan dengan sekali klik saja. Program Reset Data Usage adalah sebuah software mandiri yang tidak memerlukan instalasi seperti pada umumnya. Anda hanya perlu mengunduhnya dan langsung menjalankannya. Klik tombol Reset Data Usage untuk menyetel ulang informasi penggunaan network data pada PC Windows 10 Anda. Anda bahkan tidak perlu melakukan reboot atau log off dari PC Anda. Praktis, bukan?

Secara keseluruhan, tool ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna Windows 10 PC yang memiliki paket data terbatas.

Program ini sepenuhnya kompatibel dengan Windows 10 32-bit dan 64-bit, dan bisa diunduh langsung melalui halaman berikut ini:

Reset Data Usage v1.0

CATATAN: Filter Windows SmartScreen mungkin akan memperingatkan Anda untuk tidak menjalankan tool ini. Namun, jangan khawatir karena tool ini aman. Pihak developer bahkan telah melampirkan tautan yang mengacu ke hasil pindai VirusTotal pada halaman unduhan. Jika mau, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu sebelum mengunduh dan menggunakan tool ini.