Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Menyunting dan Mengubah Dokumen PDF Menjadi Dokumen Words

[Foto: cisdem.com]
Siapa yang tidak tahu PDF (Portable Document Format)? Format dokumen yang dikembangkan oleh Adobe System ini bertujuan untuk menyajikan tampilan dokumen yang sama persis dan konsisten pada setiap platform maupun software yang berbeda. Dokumen PDF ini tidak hanya berisikan citra dan teks, namun juga hyperlink, tombol interaktif, video, dan lain-lain. Biasanya, Anda akan menemukan brosur, buku manual produk, atau eBook menggunakan format ini. Nah, terkadang ada saatnya Anda menerima sebuah dokumen PDF yang perlu disunting lagi. Sedangkan kita tahu bahwa dokumen PDF sudah tidak bisa diganggu gugat lagi. Untuk menyuntingnya, Anda perlu mengubahnya ke format yang lain seperti .doc pada Microsoft Words. Lalu, bagaimana caranya untuk mengubah dokumen PDF ke dalam dokumen Words? Caranya sangatlah mudah:


Bukalah dokumen PDF tersebut pada Microsoft Words 2013.

Ya, sesederhana itu, tanpa harus menggunakan program pihak ketiga. Sejak perilisan Microsoft Words 2013 di tahun 2012, Microsoft telah memberikan fitur yang disebut PDF Reflow. Jadi, pada program Word Anda hanya perlu membuka tab File -> Open -> Pilih sebuah dokumen PDF. Kemudian, Microsoft Words pun akan membuka dokument tersebut sebagai dokumen DOCX.

Tapi, perlu diingat bahwa ada kemungkinan bahwa penampilan maupun layout pada dokumen yang telah dikonversi itu sedikit berubah. Setelah membuka dokumen PDF pada program Microsoft Words, akan menampilkan sebuah kotak dialog yang menjelaskan bahwa dokumen PDF yang dibuka akan dioptimisasi untuk memungkinkan Anda menyunting teksnya. Setelah menyunting dokumen tersebut, Anda bisa menyimpannya sebagai PDF. Caranya, pilih tab File -> Save As -> Pilih format dokumen PDF pada drop down list. Untuk melihat langsung dokumen PDF tersebut setelah disimpan, jangan lupa beri centang pada kotak yang bertuliskan “Open File After Publishing”.