Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mereset Password Lock Screen Dengan Menggunakan Android Device Manager

[Foto: androidcentral.com]
Pernahkah Anda berulang-ulang kali salah mengetikkan PIN atau kata sandi pada lock screen smartphone Anda hingga akhirnya ponsel Anda … benar-benar terkunci? Tenang saja, masih ada solusi untuk mengubah kode PIN maupun kata sandi Anda tanpa perlu mereset isi smartphone Anda. Solusinya adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Ya, selain berguna untuk menemukan perangkat Android yang hilang, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mereset kode PIN atau kata sandi pada perangkat Android Anda yang terkunci. Ini dia langkah-langkahnya:


  • Unduh aplikasi Android Device Manager pada Google Play Store. Atau, aktifkan langsung melalui menu Settings -> Security –Device Administrator. Kemudian beri tanda centang pada boks Android Device Manager untuk mengaktifkan layanan tersebut.
  • Pastikan ponsel atau tablet Android Anda sedang dalam keadaan menyala dan terhubung dengan koneksi internet atau Wi-Fi. Android Device Manager membutuhkan adanya koneksi internet untuk bisa berfungsi.
  • Jalankan aplikasi Android Device Manager melalui perangkat lain atau mengetik “android device manager” pada mesin pencari seperti Google untuk mengaksesnya. Atau, Anda juga bisa langsung masuk ke dalam situsnya, yaitu: https://www.google.com/android/devicemanager. Pastikan Anda log in dengan menggunakan akun Google yang terhubung dengan perangkat Android yang terkunci.
  • Setelah halaman Android Device Manager terbuka, Anda bisa melihat peta dan boks yang berisi perangkat-perangkat yang terhubung dengan akun Google tersebut. Pilih perangkat yang terkunci.

  • Anda akan melihat tiga pilihan yang bisa dilakukan pada perangkat Android Anda: “Ring,” “Lock,” dan “Erase.” Pilih opsi Lock. Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengubah kata sandi lock screen pada perangkat Anda. Masukkan kata sandi baru, kemudian Android Device Manager akan megkonfirmasi bahwa ia telah mengirimkan info kata sandi baru pada ponsel Anda.
  • Buka perangkat Anda yang terkunci, kemudian Anda akan diberi opsi untuk memasukkan kode PIN atau kata sandi baru Anda. Jika masih belum ada, tunggu beberapa menit. Kemudian masukkan kata sandi baru dan perangkat Anda pun akan terbuka lagi.