Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mount dan Unmount File ISO pada Windows 10 / 8.1 / 7

[Gambar: iconfinder.com]
Ada saat-saat di mana Anda perlu me-mount file ISO untuk mengakses isinya sebelum mem-burn nya ke dalam CD atau DVD. Bagi pengguna Windows 7, kebanyakan orang menggunakan peranti lunak pihak ketiga seperti DAEMON Tools Lite atau CloneDrive. Namun, pada Windows 10 dan Windows 8.1 sebenarnya Anda tidak perlu menginstall peranti lunak ini karena Windows juga sudah mendukung ISO mounting.

Pada Windows 7, Microsoft menambahkan fitur baru untuk mem-burn file ISO tanpa harus menggunakan peranti lunak untuk mem-burn pihak ketiga. Sementara itu, pada Windows 8 ini Microsoft menambahkan kemampuan untuk me-mount file ISO dengan mudah. Fitur ini juga tentunya tersedia pada Windows 10. Dengan fitur ini, pengguna dapat me-mount file ISO tanpa bantuan peranti lunak pihak ketiga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pada Windows 10 / 8.1, file ISO image bisa di-mount hanya dengan satu klik saja. Klik kanan pada file ISO, kemudian pilih opsi Mount untuk melihat optical drive baru di This PC (My Computer). Tidak hanya itu saja, pengguna juga dapat me-mount beberapa file ISO dengan mudah.

Cara mount dan unmount sebuah file ISO pada Windows 10 / 8.1

Langkah 1: Masuk ke lokasi tempat Anda menyimpan file ISO tersebut.


Langkah 2: Klik kanan pada file ISO kemudian pilih opsi Mount untuk melakukannya.

Langkah 3: Kemudian, Anda akan melihat layar baru dengan isi file ISO yang telah sukses di-mount. Jika tidak, klik dua kali pada virtual drive baru di This PC (Computer / My Computer) untuk mengakses isi file ISO tersebut.

Langkah 4: Untuk melakukan unmount, klik kanan pada virtual drive di This PC (Computer / My Computer) lalu pilih opsi Eject.

Perlu diingat, cara di atas TIDAK bisa dilakukan pada Windows 7. Untuk melakukan mount atau unmount sebuah file ISO pada Windows 7, Anda harus menginstall terlebih dahulu program pihak ketiga yang mendukung operasi tersebut.

Cara mount dan unmount sebuah file ISO pada Windows 7

Untuk melakukan operasi ini, Anda harus menginstall program seperti Virtual Clone Drive. Virtual CloneDrive adalah program gratis untuk melakukan mount file ISO pada Windows XP, Vista, dan Windows 7. Program ini juga bisa melakukan mount pada file .CCD, .BIN, .UDF, .ISO, .IMG, dan DVD. Berikut ini petunjuk untuk menggunakannya:

Langkah 1: Unduh dan Install program dari sini.

Langkah 2: Klik kanan pada file ISO yang ingin Anda mount, lalu pilih Mount (Virtual CloneDrive (huruf drive)). Sekarang, Anda bisa melihat virtual drive baru pada explorer (My Computer).

Misalnya, jika Anda ingin mount ISO File Windows 7 / Windows 8 untuk menyalin file instalasi, maka yang harus Anda lakukan adalah:

  • Masuk ke dalam drive atau folder yang mengandung file ISO Windows 7.
  • Klik kanan pada file ISO, kemudian pilih opsi Mount (Virtual CloneDrive (huruf drive)). Perhatikan juga huruf drive yang ditampilkan pada opsi.
  • Sekarang, masuk ke Windows Explorer dan jalankan virtual drive untuk melihat konten dari ISO file tersebut. Sekarang Anda bisa menyalin semua konten pada drive ke drive atau folder yang Anda inginkan.