Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Amankan Flashdisk SanDisk Anda dengan Password

[Gambar: amazon.com]
Apakah Anda ingin mengunci flashdisk SanDisk Anda untuk melindungi data rahasia atau penting yang ada di dalamnya? Mudah kok. Pada artikel ini, Anda akan melihat bagaimana cara mengunci flashdisk SanDisk dengan menggunakan software resmi SanDisk SecureAccess Software. SanDisk SecureAccess merupakan program gratis yang dirancang untuk membantu pengguna untuk melindungi data-data penting yang tersimpan pada flash disk SanDisk mereka. Program ini relatif user friendly dan sangat mudah digunakan oleh pengguna untuk membuat sebuah brankas yang dilindungi kata sandi.

Menginstall dan menggunakan SanDisk SecureAccess pada PC Windows

Harap diingat, software ini hanya bisa digunakan pada flashdisk keluaran SanDisk dan bukan flashdisk atau USB drive dengan merk lain. Selain itu, perlu dicatat juga meskipun SecureAccess memungkinkan pengguna untuk mengunci data dengan kata sandi, namun siapapun yang bisa mengakses flashdisk Anda dapat menghapus brankas SecureAccess dengan mudah juga. Singkat kata, meskipun orang lain tidak dapat membuka atau mengakses data yang ada di dalam brankas tersebut, mereka tetap bisa menghapus data tersebut. Oleh karena itu, sebelum menggunakan peranti lunak ini pastikan Anda telah mem-backup data-data penting ke tempat yang aman sebagai langkah antisipasi.


Langkah 1: Kunjungi halaman ini untuk mengunduh versi terbaru software SanDisk SecureAccess untuk Windows. Anda bisa menemukan link download pada bagian Download SecureAccess. Installer peranti lunak SecureAccess ini cukup ringan, hanya 8 MB saja. Biasanya, setiap flashdisk SanDisk yang baru sudah dilengkapi dengan software SecureAccess. Jadi, jika Anda baru memiliki flash disk SanDisk yang baru, mungkin Anda tidak perlu lagi mengunduh software ini.

Langkah 2: Colokkan flashdisk SanDisk Anda ke PC Windows 10 / 8 / 7 Anda. Buka This PC (Windows 10 / 8.1) atau My Computer (Windows 7) kemudian klik dua kali pada drive flash disk SanDisk. Salin file setup untuk SecureAcces ke dalam flashdisk tersebut.

Langkah 3: Klik dua kali pada file setup SecureAccess. Klik tombol Next saat muncul kotak installer.

Langkah 4: Selanjutnya Anda akan melihat layar yang berisi license agreement. Beri tanda centang pada kotak I accept the license terms, kemudian klik tombol Next.

Langkah 5: Anda akan diminta untuk membuat kata sandi untuk flash disk Anda. Masukkan kata sandi yang kuat, lalu konfirmasi ulang dengan mengetikkan kembali kata sandi tersebut. Jangan lupa ketikkan juga hint atau petunjuk. Jika sudah selesai, silahkan klik tombol OK. 

SanDisk sendiri merekomendasikan pada pengguna untuk meggunakan kombinasi hukuf kapital dan huruf kecil, angka dan huruf, dan karakter khusus untuk membuat kata sandi yang kuat. Jangan lupa untuk membuat kata sandi yang terdiri dari minimal 6 karakter. Selanjutnya, klik tombol OK untuk membuat brankas baru di flashdisk Anda. Setelah muncul layar baru, klik tombol Next untuk membuka home screen program SanDisk SecureAccess.

Untuk mengakses program ini, cukup klik dua kali pada vault alias brankas SanDisk SecureAccess. Masukkan kata sandi Anda, kemudian Anda pun bisa mulai menambahkan data-data ke dalam brankas yang telah dikunci kata sandi ini. Selesai!