Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Bikin Shortcut untuk Safely Remove Hardware pada Windows 7

[Foto: informationsecuritybuzz.com]
Jika Anda sering menggunakan USB Drive atau flash disk, tentu Anda tahu pentingnya memencet tombol Safely Remove Hardware sebelum melepaskan USB Drive dari PC Anda. Hal ini dilakukan untuk memastikan agar tidak ada lagi program yang masih mengakses data pada USB Drive saat akan dicopot. Pasalnya, jika USB Drive dicopot ketika masih ada data yang diakses, kemungkinan besar itu akan menyebabkan data-data pada USB Drive rusak atau bahkan hilang. Meskipun sebenarnya jika USB Drive Anda telah diformat dalam FAT file system, Anda tidak perlu mengklik tombol Safely Remove Hardware. Berbeda ceritanya dengan USB Drive yang menggunakan NTFS file system. Apapun formatnya, aktivitas ini merupakan hal yang bisa dibilang rutin dilakukan oleh pengguna PC. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita menambahkan shortcut untuk proses Safely Remove Hardware pada PC Windows Anda. Mari kita ikuti langkah-langkah di bawah ini!


Langkah 1: Klik kanan pada Desktop Anda, kemudian pilih opsi New -> Shortcut.

Langkah 2: Pada kotak dialog yang muncul, masukkan kode berikut ini:

RunDll32.exe shell32.dll, Control_RunDLL hotplug.dll

Langkah 3: Klik tombol Next, lalu ketikkan nama yang tepat untuk desktop shortcut tersebut (misalnya, Remove Hardware). Klik Finish jika sudah.

Langkah 4: Jika Anda sudah cukup puas dengan desktop shortcut, maka Anda sudah tidak perlu melakukan apa-apa lagi. Anda sudah bisa menggunakan desktop shortcut tersebut untuk melakukan Safely Remove Hardware. Namun, jika Anda ingin membuat keyboard shortcut, klik kanan pada ikon shortcut, kemudian pilih Properties.

Langkah 5: Klik pada kotak Shortcut key, lalu tekan tombol keyboard yang Anda inginkan untuk menjadi keyboard shortcut untuk Safely Remove Hardware.

Langkah 6: Jika sudah, klik Apply untuk menyetel dan menerapkan pilihan Anda menjadi keyboard shortcut untuk Safely Remove Hardware.

Setelah melakukan ini, Anda akan melihat kotak dialog untuk Safely Remove Hardware setiap kali menggunakan shortcut tersebut. Cukup pilih entri perangkat USB yang ingin Anda copot, kemudian tekan tombol Stop untuk Safely Remove Hardware. Selamat mencobanya!