Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Mencetak Melalui Ponsel atau Tablet Android Anda

[Gambar: techaeris.com]
Perangkat Android memiliki banyak fitur-fitur yang bisa mendukung produktivitas Anda, seperti fitur untuk mencetak dokumen melalui perangkat tersebut. Tidak punya printer yang didukung Wi-Fi? Itu bukanlah halangan dan itu bukan berarti Anda tidak bisa mencetak secara wireless atau nirkabel. Google sebenarnya sudah memiliki cara untuk menghubungkan antara printer dengan akun Chome dan ponsel untuk memindahkan data dan mencetak dengan mudah. Pengaturan untuk langkah ini akan sedikit memusingkan, oleh karena itu dalam artikel saya akan memandu Anda agar bisa segera melakukannya.

Menghubungkan perangkat Anda ke Google Cloud Print

Meskipun kebanyakan printer pada umumnya bisa mencetak melalui Bluetooth, Wi-Fi, atau cara cepat lainnya, tidak semua printer mendukung cara-cara tersebut. Ada juga yang mungkin lebih suka untuk mencetak melalui layanan cloud. Google Cloud Print merupakan sebuah layanan yang bisa menjadi solusi Anda. Dengan mendaftarkan printer Anda, Anda bisa mendaftarkan printer kemudian menghubungkannya ke internet yang kelak  bisa Anda akses kapanpun dan di manapun selama Anda memiliki koneksi internet yang bagus.

Perlu diingat, meskipun mayoritas printer bisa digunakan melalui Google Cloud Print, namun ada juga printer yang tidak mendukung layanan ini. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari tahu dulu apakah printer yang Anda gunakan sudah mendukung layanan Google Cloud Print. Silakan langsung saja kunjungi daftar printer yang bisa bekerja dengan Cloud Print.


  1. Jalankan browser Google Chrome pada komputer Anda.
  2. Log in dulu ke Google Chrome jika Anda tidak log in secara otomatis.
  3. Klik tombol Menu (berupa sebuah ikon dengan 3 garis horizontal; 3 titik kecil jika Anda menggunakan Chromebook) di pojok kanan atas layar Chrome.
  4. Pilih Settings.
  5. Klik Show advanced settings.
  6. Cari bagian Google Cloud Print, lalu klik Manage.
  7. Klik Add Printers
  8. Anda akan melihat daftar seluruh printer yang tersedia, pilih saja satu printer yang ingin Anda tambahkan, kemudian klik Add Printer. Layanan tersebut kemudian akan mendeteksi printer Anda dan memasukkannya ke dalam daftar.
  9. Proses pengaturan pun selesai dan Google Cloud Print siap untuk digunakan.

Mencetak melalui ponsel Android

Beberapa ponsel telah dilengkapi dengan layanan Google Cloud Print dalam sistemnya. Namun, jika ponsel Anda tidak secara langsung dilengkapi dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini. Unduh aplikasinya, kemudian ikuti instruksi instalasi selanjut4nya.

Setelah memiliki Google Cloud Print, Anda tidak perlu menjalanlan aplikasi tersebut untuk mulai mencetak. Pastikan saja akun Google Anda terhubung dengan ponsel Anda adalah akun yang sama yang telah Anda gunakan di Google Chrome.

  1. Buka dokumen yang ingin Anda cetak.
  2. Pilih tombol Menu (ikon berupa 3 titik di pojok kanan atas).
  3. Klik Print, lalu ia akan mengarahkan Anda ke dalam halaman baru.
  4. Klik tombol ke bawah yang terletak di sampik kanan opsi Save as PDF.
  5. Pilih printer yang ingin Anda gunakan, kemudian klik tombol Print jika sudah siap.

Mencetak halaman website dan pesan Gmail

Cara melakukannya hampir sama dengan sebelumnya, yaitu:

  1. Buka Gmail atau Google Chrome.
  2. Jika Anda menemukan halaman yang ingin dicetak, pilih tombol Menu -> Print.
  3. Pada halaman printing, pilih printer yang akan digunakan.
  4. Jikas sudah, klik Print.