Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Mengalibrasi Kompas pada Perangkat Android Anda

[Foto: shutterstock.com]
Pernahkah ketika Anda sedang menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps, tiba-tiba jarum kompas Anda menunjukkan arah yang salah dan tidak berfungsi dengan semestinya? Anda tidak sendirian. Hal ini begitu sering terjadi pada orang-orang dan jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka lambat laun ia akan mengganggu produktivitas Anda. Bayangkan saja jika Anda sedang hiking atau mungkin bepergian di luar kota, kemudian petunjuk arahnya tidak berjalan dengan baik. Bisa berabe bukan? Beberapa aplikasi ridesharing juga sangat bergantung pada fitur ini. Sehingga jika petunjuk arahnya tidak benar, ini bisa mempengaruhi kinerja dan performa aplikasi-aplikasi lain yang bergantung pada fitur tersebut.

Untungnya, ini bukanlah masalah yang serius dan sebenarnya bisa diperbaiki dengan mudah. Yang pertama-tama harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Compass pada ponsel Android Anda. Jika tidak ada, Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu pada Google Play Store. Atau tidak, Anda juga bisa membuka aplikasi Maps yang Anda gunakan. Setidaknya Anda pasti memiliki aplikasi Google Maps, bukan? Setelah menjalankan aplikasi tersebut, ada dua metode yang bisa Anda lakukan untuk mengalibrasi jarum kompas pada perangkat Anda.

Metode 1: Memutarkan perangkat Anda pada poros yang berbeda untuk mengalibrasi kompas


  • Jalankan aplikasi kompas atau Google Maps pada ponsel Android Anda.
  • Genggam ponsel Android Anda seperti biasa. Saat layar ponsel menghadapi Anda, putar bagian atas ponsel Anda ke belakang sebanyak tiga kali. Kemudian, lakukan ke arah sebaliknya sebanyak tiga kali juga. Lakukan dengan perlahan dan berhati-hatilah untuk tidak menjatuhkan ponsel Anda.
  • Setelah itu, kembali genggam ponsel Anda seperti biasanya. Putar ponsel Anda ke sisi kanan dan seterusnya sebanyak tiga kali. Ulangi hal yang sama, namun kini lakukan ke arah yang berbeda.
  • Kemudian, genggam lagi ponsel Anda seperti biasa. Untuk gerakan yang satu ini, Anda bisa melakukannya sambl menyimpan ponsel Anda di atas meja atau permukaan datar lainnya. Putar bagian atas ponsel Anda ke arah sisi kanan (seperti tengah menggunakan landscape mode) sebanyak tiga kali, lalu lakukan ke arah yang sebaliknya sebanyak tiga kali juga. Lakukan dengan perlahan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Metode 2: Menggunakan pola gerakan angka delapan untuk mengalibrasi kompas

[GIF: support.google.com]
Jika metode di atas tidak mengubah apapun, maka sebaiknya Anda mencoba metode yang kedua ini.

  • Jalankan aplikasi kompas atau Google Maps pada ponsel Anda.
  • Genggam ponsel Anda seperti biasa, kemudian buat gerakan yang menyerupai angka delapan dengan ponsel Anda.
  • Lakukan berulang-ulang kali secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Jika Anda melakukan ini dengan aplikasi Google Maps, pastikan sinar pada titik biru yang ada pada Maps menyempit dan menunjuk ke arah yang benar setelah melakukan kalibrasi.

Metode 3: Menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga

Masih belum terjadi perubahan sama sekali? Cobalah untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengatasi masalah ini. Biasanya, aplikasi semacam ini akan memudahkan Anda untuk mengalibrasi sensor pada ponsel Anda termasuk kompas. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda coba: