Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Menghapus Akun Google Secara Permanen

[Foto: croatiaweek.com]
Sebuah akun Google merupakan kunci utama bagi Anda untuk mengakses seluruh layanan Google seperti Gmail, Drive, YouTube, dan sebagainya. Itu artinya, jika Anda memutuskan untuk menghapus akun Google Anda, maka akan ada banyak hal yang terlewatkan. Namun, mungkin saja Anda memiliki alasan lain mengapa Anda ingin menghapus akun Google Anda. Bisa saja Anda memang memiliki akun kedua yang sudah tidak digunakan lagi dan ingin menghapus akun tersebut secara permanen. Apapun alasan Anda, menghapus akun Google secara permanen itu sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya.

Hal yang perlu dilakukan sebelum menghapus akun Google

Jika Anda sudah cukup lama menggunakan akun Google tersebut, pastinya sudah ada banyak data penting yang tersimpan pada akun Google Anda. Misalnya saja email, foto, kalender, maupun dokumen lainnya. Agar data-data tersebut tidak menghilang begitu saja, pastikan Anda sudah mem-backup data sebelum menghapus akun Google tersebut. Jika data-data yang ada tidak begitu banyak, bisa saja Anda menghapusnya satu per satu. Namun, Anda juga bisa mem-backup semuanya secara sekaligus.


  • Buka setelan akun Google Anda pada halaman accounts.google.com.
  • Di bawah opsi “Personal info & privacy”, klik “Control your content.”
  • Setelah dibuka, klik  “Create archive.” Di sana, Anda bisa memilih produk Google yang manakah yang data atau informasinya ingin Anda simpan.
  • Anda bisa memilih jenis data arsip tersebut dan di mana Anda mau menyimpannya. Anda juga bisa memilih untuk mendapatkan tautan download melalui email, atau menyimpannya ke layanan cloud seperti Drive, OneDrive, atau Dropbox.
  • Lama proses backup tergantung pada banyaknya data yang ingin Anda arsipkan.

Perlu diingat, ada kemungkinan akun Google Anda juga terhubung dengan layanan pihak ketiga seperti mobile payment, media sosial, dan sebagainya. Pastikan Anda mengubah dulu email utama yang Anda hubungkan dengan layanan-layanan tersebut sebelum menghapus akun Google yang satu ini.

Menghapus akun Google Anda

  • Masuklah ke dalam halaman setelan akun Google. Di bawah opsi “Account Preferences”, klik “Delete your account or services.” Kemudian pilih “Delete Google account and data.”
  • Anda juga bisa melihat opsi untuk mem-backup data di sana, diikuti dengan daftar lengkap konten-konten yang akan kehilangan akses jika Anda menghapus akun Google Anda.
  • Di akhir halaman, terdapat dua pernyataan yang harus Anda accept sebelum bisa mengklik tombol  “Delete Account” untuk menghapus aku Google Anda secara permanen.

Mengembalikan akun Google yang baru saja dihapus

Jika Anda sudah selesai menghapus akun Google Anda secara permanen, tapi kemudian segera menyesali tindakan Anda, masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan akun tersebut. Berikut ini cara untuk melakukannya.

  • Buka halaman password assistance.
  • Pilih opsi “I’m having other problems signing in.
  • Ikuti instruksi pada halaman tersebut untuk melihat apakah Anda masih bisa mengembalikan akun tersebut. Hal ini bisa saja mustahil untuk dilakukan, namun tidak ada salahnya mencoba, bukan? Selain itu, jika Anda telah menghapus Gmail Anda dan menambahkan alamat surel non-Google untuk mengakses layanan Google yang lain, maka tidak mungkin bagi Anda untuk mengembalikan username Gmail Anda.