Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Menghapus Aplikasi Bawaan Instalasi Windows 8

[Gambar: shmoggo.com]
Bagi yang menggunakan Windows 8, tentu Anda tahu bahwa terdapat banyak aplikasi bawaan yang ikut terpasang saat Anda menginstall versi Windows tersebut. Seringkali, banyak juga aplikasi yang sebenarnya tidak begitu Anda butuhkan dan hanya memenuhi harddisk Anda. Tenang saja, bagi Anda yang ingin menghapus aplikasi-aplikasi bawaan dari instalasi Windows 8, sekarang Anda bisa mengunduh tool gratis yang bernama Windows 8 App Remover. Dengan Windows 8 App Remover, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan dari instalasi Windows 8 dan juga dari .WIM image Windows 8 yang artinya Anda bisa menghapus aplikasi Modern atau Metro dari file setup Windows 8 bahkan sebelum menginstal Windows 8 di PC Anda.

Windows 8 App Remover memungkinkan Anda untuk menghapus hampir semua aplikasi yang diinstall bersamaan dengan Windows 8, termasuk Bing Finance, Bing Maps, Bing News, Bing Sports, Bing Travel, Bing Weather, Bing Search, Camera, SkyDrive, PDF Reader, Communication, Photos, XBOX Live Games, aplikasi Zune Music dan Zune Video. Anda bisa memilih untuk menghapus aplikasi tertentu atau semua aplikasi.Untuk saat ini, aplikasi ini hanya kompatibel dengan Windows 8 dan masih belum bisa menghapus semua aplikasi bawaan Windows 8.1.

Cara menggunakan Windows 8 App Remover untuk menghapus aplikasi bawaan instalasi Windows 8:


Sebelumnya, perlu diketahui bahwa setelah Anda menghapus aplikasi dengan menggunakan metode ini, Anda tidak dapat menginstallnya kembali. Untuk menginstall ulang aplikasi yang dihapus, Anda harus menginstall ulang atau mereset Windows 8.

Langkah 1: Download Windows 8 App Remover dari halaman ini dan jalankan programnya. Ini adalah tool mandiri dan Anda bisa menjalankannya tanpa harus menginstallnya.

Langkah 2: Setelah tool dijalankan, pilih opsi Online untuk menghapus aplikasi bawaan instalasi Windows 8. Namun, jika Anda ingin menghapus aplikasi dari file install.wim Anda, ikuti petunjuk pada metode 2.

Langkah 3: Klik tombol List Apps untuk melihat semua aplikasi yang telah terinstall.

Langkah 4: Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus,kemudian klik tombol Remove Apps untuk menghapus aplikasi yang dipilih dari instalasi Windows 8 atau file Install.wim.

Metode 2 – Menghapus aplikasi dari file Install.wim image

Langkah 1: Download Windows 8 App Remover dengan mengunjungi tautan yang telah disebutkan di atas. Jalankan programnya.

Langkah 2: Di bawah bagian Mount wim, klik tombol Choose .wim file untuk mencari file Install.wim yang ada di folder Sources pada file instalasi Windows 8, kemudian klik tombol Choose Mountfolder untuk memilih folder untuk me-mount file Install.wim. Proses ini bisa berlangsung dengan cepat atau bahkan selama berjam-jam, tergantung pada hardware PC Anda.

Langkah 3: Klik tombol Mount.wim. Setelah file di-mount, Windows 8 App Remover secara otomatis akan mengatur kolom Image to Edit ke opsi Path dan mengisinya dengan folder yang telah Anda sebutkan di Langkah 2.

Langkah 4: Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus, kemudian klik tombol Remove Apps.

Langkah 5: Klik tombol Unmount.wim untuk meng-unmount file Install.wim. Selesai!