Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Menjalankan Program dari Login Screen Windows 10

[Gambar: softpedia.com]
Apakah Anda ingin menjalankan program dari login screen sistem operasi Windows? Anda bisa melakukannya dari login screen tanpa membutuhkan campur tangan aplikasi pihak ketiga.

Anda bisa mengatur agar Windows 10 menjalankan sebuah program langsung dari login screen dengan mengganti fitur Ease of Access dengan sebuah program yang Anda inginkan. Jadi, ketika Anda mengklik tombol Ease of Access pada login screen Windows , program yang telah Anda tetapkan akan terbuka. Misalnya, jika Windows 10 Anda sudah diatur agar menjalankan Snipping Tool ketika mengklik tombol Ease of Access, maka program itu pun akan berjalan.

Namun, jika Anda ingin menjalankan lebih dari satu program dari login screen, maka Anda perlu mengatur agar Windows 10 membuka Command Prompt saat mengklik tombol Ease of Access. Command Prompt tersebut dapat digunakan untuk  menjalankan program lain. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu sedikit mengubah registry Windows 10.

Menjalankan program apapun dari login screen Windows 10


Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan program apapun dari login screen Windows 10. Harap diingat, ada baiknya jika Anda membuat backup Registry atau system restore point sebelum mengedit Registry.

Baca Juga:  Airplane Mode di Windows 10 Tidak Bisa Dimatikan? Ini Solusinya

Langkah 1: Ketikkan Regedit pada kolom pencarian di Start menu/taskbar atau pada kotak Run command, kemudian tekan tombol Enter untuk menjalankannya. Klik tombol Yes jika Anda melihat kotak User Account Control untuk membuka Registry Editor.

Langkah 2: Pada Registry Editor, masuk ke dalam key berikut ini

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\ Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options

Langkah 3: Pada key Image File Execution Options, cari key utilman.exe. Jika key tersebut tidak ada, klik kanan pada key Image File Execution Options, klik New, klik Key. Ubah nama key baru tersebut menjadi utilman.exe.

Langkah 4: Sekarang, pilih key utilman.exe yang baru. Di sisi kanan, klik kanan pada area kosong kemudian klik New, klik String value, kemudian beri nama Debugger.

Langkah 5: Selanjutnya, klik dua kali pada value Debugger dan ubah  value data nya menjadi lokasi program atau tool yang ingin Anda jalankan dari login screen. Sebagai referensi, path untuk Command Prompt adalah C:\Windows\system32\cmd.exe. Anda bisa menyesuaikan dengan path yang Anda inginkan.

Baca Juga:  Cara Menghabiskan Uang 5 Miliar ala Miliarder Dunia

Langkah 6: Sekarang, Anda sudah bisa menjalankan program yang sudah ditambahkan ke login screen. Untuk melakukannya, tekan logo Windows + L untuk mengunci PC Anda dan melihat lock screen. Tekan tombol Enter untuk melihat login screen.

Terakhir, klik ikon Ease of Access untuk meluncurkan program yang telah Anda tambahkan.