Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah Mereset Browser Microsoft Edge pada Windows 10

[Gambar: brauzergid.ru]
Pernah mengalami masalah dengan browser Microsoft Edge Anda? Mungkin Anda tidak bisa mengubah homepage pada browser Edge, mungkin browser Edge yang Anda gunakan jadi lemot, atau mungkin Anda sama sekali tidak bisa mengakses browser Edge Anda. Apapun masalah yang Anda hadapi, berikut ini cara untuk me-reset browser Microsoft Edge pada Windows 10 untuk memperbaiki masalah yang sering terjadi.

Sebelumnya, belum ada opsi untuk me-rest browser Edge pada Windows 10. Meskipun kita bisa me-reset sebagian browser Edge dengan cara menghapus beberapa filenya, metodenya cukup merepotkan bagi mayoritas pengguna. Untungya, pada Fall Creators Update untuk Windows 10 yang terbaru, Microsoft telah memberikan opsi untuk me-reset dan memperbaiki Microsoft Edge dengan mudah. Fitur baru ini sangat berguna untuk mengatasi masalah-masalah yang umum terjadi pada browser Microsoft Edge.


 

Harap diingat, me-reset browser Microsoft Edge akan menghapus seluruh riwayat browsing, cookies, dan pengaturan Microsoft Edge Anda. Fitur Favorites (bookmarks) pada Edge tidak akan dihapus. Untuk itu, kami sarankan agar Anda mencoba terlebih dahulu opsi memperbaiki yang tidak akan menghapus data-data Anda. Jika masalahnya terus-terusan muncul setelah Anda mencoba opsi repair, barulah Anda memilih opsi Reset.

Me-reset browser Microsoft Edge pada Windows 10

Langkah 1: Tutup browser Microsoft Edge jika sedang dijalankan.

Langkah 2: Buka aplikasi Settings. Masuk ke Apps -> Apps & features.

Langkah 3: Cari entri Microsoft Edge. Jika Anda tidak melihatnya pada daftar aplikasi, itu artinya Anda belum menggunakan Windows 10 Fall Creators Update.

Langkah 4: Klik entri Microsoft Edge untuk memilihnya. Kemudian, klik tautan Advanced options untuk membuka halaman Storage usage and app reset untuk Edge.

Langkah 5: Kemudian, klik tombol Reset, kemudian klik lagi tombol Reset jika Anda melihat kotak konfirmasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda akan kehilangan pengaturan browser, riwayat browsing, dan cookies. Dalam waktu beberapa detik, sebuah tanda centang akan muncul di samping tombol Reset yang menandakan bahwa proses reset sudah selesai dilakukan. Jika terjadi error atau hambatan, pastikan browser Edge Anda sudah ditutup / tidak aktif. Kemudian coba lagi metode ini. Setelah proses reset selesai dilakukan, Anda bisa langsung menjalankan browser Microsoft Edge.