Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Mudah untuk Menelpon dan Menerima Telepon dengan Menggunakan Mac

[Gambar: 9to5mac.com]
Menelpon melalui Mac? Kenapa tidak? Jika Anda memiliki iPhone, otomatis Anda bisa melakukan dan menerima panggilan pada Mac Anda. Panggilan akan dialihkan melalui iPhone Anda sehingga nomor telepon yang digunakan tetap sama. Dijamin, keluarga maupun teman Anda tidak akan menyadari Anda tidak menelpon mereka dengan menggunakan iPhone Anda. Setel Mac Anda untuk membuat dan menerima panggilan telepon, agar pada saat iPhone Anda berdering entah di mana, Anda akan mendapatkan notifikasi telepon masuk pada Mac dan Anda pun dapat menjawab panggilan telepon dari Mac. Anda juga bisa melakukan panggilan melalui Mac tanpa harus mengambil iPhone Anda. Tentu saja, pulsa yang Anda pakai akan dipotong dari pulsa iPhone / dimasukkan ke dalam tagihan telepon pada iPhone Anda.

Cara menelpon dengan menggunakan Mac

Menelepon dari Mac sebenarnya sangatlah mudah, berikut ini cara untuk menyetel pengaturan pada iPhone dan Mac Anda:

  • Pastikan perangkat Anda sudah memiliki software yang tepat: Anda setidaknya harus menggunakan iOS 8 pada iPhone Anda.
  • Pastikan juga iPhone dan Mac Anda terhubung ke jaringan WiFi yang sama.
  • Pada iPhone Anda, buka Settings -> iPhone -> Call on other devices, lalu pilih perangkat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan / menerima panggilan.
  • Pada Mac Anda, buka FaceTime kemudian pilih FaceTime -> Preferences, lalu pastikan Anda memilih opsi ‘Calls from iPhone’.

Berikutnya, inilah cara-cara untuk melakukan panggilan pada Mac:


  • Melakukan panggilan melalui Contacts: Cari Contacts di Spotlight dengan menekan Cmd + Space Bar, kemudian ketik Contacts. Klik Call untuk melakukan panggilan.
  • Melakukan panggilan melalui Spotlight: Anda bisa mengetikkan nama orang yang ingin Anda telpon pada Spotlight, kemudian melakukan panggilan dari sana. Seperti sebelumnya, klik pada ikon handset yang akan muncul selama ada nomor yang berhubungan dengan kontak yang telah Anda pilih.
  • Melakukan panggilan melalui FaceTime: Buka FaceTime –> Klik Audio -> Klik pada handset yang akan digunakan untuk melakukan panggilan.
  • Melakukan panggilan melalui Safari: Jika Anda telah menemukan nomor telepon di internet, Anda bisa dengan mudah melakukan panggilan hanya dengan mengkliknya. Nomor itu akan terbaca sebagai tautan yang bisa Anda klik untuk melakukan panggilan, atau pada saat Anda mengarahkan kursor pada nomor tersebut, Anda akan melihat panah yang dapat Anda klik untuk melakukan panggilan. Jika panah ini tidak muncul secara otomatis, sorot nomor tersebut dan Anda pun akan melihat panah tersebut. Klik panah untuk melakukan panggilan pada nomor tersebut.
  • Anda juga dapat melakukan panggilan melalui Mail dan Maps dan Messages (dalam Messages, cukup klik Details di bagian atas thread pesan dengan kontak Anda, lalu pilih handset untuk menghubungi mereka.)

Cara menerima telepon pada Mac

Ketika Mac Anda sudah disetel agar bisa melakukan panggilan telepon, Anda juga otomatis bisa menerima panggilan telepon dari Mac. Beginilah cara untuk menerima telepon pada Mac:

  • Saat ada telepon masuk di iPhone Anda, Anda akan melihat notifikasi telepon masuk pada Mac Anda.
  • Untuk menjawab telepon yang masuk, Anda hanya perlu mengklik tombol untuk mengangkat telepon.
  • Jika sudah selesai, Anda hanya perlu menekan tombol untuk menutup telepon.