Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Reset dan Install Ulang Aplikasi Windows Camera di PC Windows 10

[Foto: windowscentral.com]
Windows Camera atau biasa disebut Camera merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Windows 10. Meskipun mungkin memang tidak selengkap aplikasi kamera pihak ketiga, aplikasi ini sudah mendukung merekam video high-quality dan memotret. Jika seandainya aplikasi tersebut tidak berfungsi dengan semestinya, Anda bisa memperbaikinya dengan cara mereset aplikasi Camera. Lalu, jika masih saja bermasalah Anda bisa menginstall ulang aplikasi Camera tersebut. Proses mereset dan menginstall ulang aplikasi ini sangat mudah untuk dilakukan. Berikut ini cara untuk melakukannya.

Metode 1

Mereset aplikasi Camera pada Windows 10

Langkah 1: Buka aplikasi Settings. Masuk ke Apps -> Apps & Features.

Langkah 2: Cari entri aplikasi Camera, kemudian klik untuk membukanya. Anda pun akan melihat tautan Advanced options.

Langkah 3: Klik tautan Advanced options untuk membuka halaman Storage usage and app reset.

Langkah 4: Selanjutnya, klik tombol Reset. Jika Anda melihat kotak konfirmasi, klik tombol Reset untuk mereset aplikasi Camera tersebut. Setelah proses Reset selesai, Anda bisa menjalankan kembali aplikasi Camera.


Metode 2

Menginstall ulang aplikasi Camera

Lakukan metode yang satu ini jika Anda masih mengalami masalah setelah mereset aplikasi Camera.

Tidak seperti aplikasi pada umumnya, aplikasi Camera ini tidak bisa diuninstall melalui aplikasi Settings. Anda harus menggunakan Windows PowerShell atau CCleaner untuk menguninstall aplikasi Camera. Setelahnya, Anda bisa menginstall kembali aplikasi Camera ke dari Windows Store.

Langkah 1: Jalankan Windows PowerShell sebagai administrator. Untuk melakukannya, klik kanan pada tombol Start di taskbar, kemudian klik opsi Windows PowerShell (Admin). Anda juga bisa mengetikkan PowerShell di kolom pencarian Start/taskbar. Setelahnya, klik kanan pada entri Windows PowerShell dan klik pada opsi Run as administrator.

Langkah 2: Pada layar PowerShell, copy dan paste command berikut ini. Tekan tombol Enter untuk menjalankan command tersebut.

Get-AppxPackage –AllUsers

Langkah 3: Sekarang, cari entri Microsoft.WindowsCamera. Pilih PackageFullName dari aplikasi Camera kemudian gunakan hotkey Ctrl + C untuk menyalinnya.

Langkah 4: Jalankan command berikut ini untuk menguninstall aplikasi Camera.

Remove-AppxPackage PackageFullName

Pada command di atas, ganti PackageFullName dengan PackageFullName yang telah Anda salin sebelumnya. Sekarang, Anda bisa menutup program PowerShell.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan program CCleaner untuk menguninstall aplikasi bawaan dari Windows 10. Jalankan CCleaner, klik Tools -> Apps. Klik kanan pada aplikasi Camera kemudian klik opsi Uninstall. Klik tombol OK jika muncul kotak konfirmasi.

Langkah 5: Sekarang, buka aplikasi Windows Store. Cari aplikasi Windows Camera dan install kembali aplikasi tersebut.