Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Scan Dokumen Melalui Android

[Foto: cnet.com]
Scan dokumen sering dilakukan oleh para mahasiswa atau para fresh graduates yang sedang melamar pekerjaan di perusahaan. Beberapa dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat pelatihan, KTP, dan lain sebagainya merupakan contoh dokumen yang seringkali discan dalam bentuk softcopy.

Dokumen dalam bentuk softcopy akan memudahkan Anda mengirimkannya melalui email atau aplikasi pesan.

Masalah terjadi di saat Anda kesulitan untuk menemukan jasa fotocopy untuk melakukan scan dokumen, padahal dokumen tersebut butuh untuk segera dikirimkan dalam bentuk softcopy.

Apa yang harus dilakukan?

Tenang, di zaman yang serba modern dan canggih seperti saat ini kita diberikan banyak sekali kemudahan yang bisa dimanfaatkan. Saat ini sudah ada aplikasi yang bisa Anda pasang di Android untuk melakukan scan dokumen yang ada.

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

Aplikasi yang perlu Anda pasang adalah CamScanner yang bermanfaat dan memungkinkan Anda untuk melakukan scan dokumen dan membuat file PDF. Hal yang menggembirakan dari aplikasi ini adalah hasil scan yang sangat mirip dengan alat scanner yang sebenarnya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh dan pasang aplikasi CamScanner yang disediakan secara gratis di Play Store. Namun, jika Anda menggunakan iOS maka perlu mengeluarkan biaya sekitar 2 USD untuk mendapatkan aplikasi ini.


Jika aplikasi sudah terpasang di smartphone, maka Anda tinggal membuka aplikasi CamScanner. Jika Anda belum paham menggunakannya, maka ada panduan yang bisa memudahkan Anda untuk menggunakan aplikasi ini. Jika Anda merasa yakin mampu untuk menggunakannya, maka Anda bisa langsung memanfaatkan aplikasi ini.

Selanjutnya Anda bisa memilih logo kamera yang terletak di bagian bawah sebelah kanan aplikasi. Kamera ini bermanfaat untuk melakukan scan berbagai dokumen seperti tanda terima, faktur, kartu nama, sertifikat, dan lain sebagainya.

Apabila dokumen sudah Anda scan, maka langkah selanjutnya Anda bisa menyimpan hasilnya dalam format PDF atau JPEG.

Selain itu, Anda bisa juga langsung mengirimkan hasil scan tersebut melalui media sosial atau melalui email kepada orang lain. Anda bisa mengatur kata sandi, apabila ingin mengirim hasil scan melalui link.

Melalui CamScanner, Anda bisa terbantu dengan kemudahan melakukan scan dokumen, menyimpan dokumen, dan mengirim dokumen tersebut kepada banyak orang dengan mudah.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh para pelamar kerja yang sering kali melakukan scan dokumen yang akan dikirimkan kepada perusahaan. Atau bisa juga digunakan oleh Anda yang memiliki usaha kecil. Berbagai dokumen seperti kuitansi, faktur, nota, dan laporan keuangan bisa dengan mudah di-scan dengan bantuan CamScanner.

Aplikasi ini membuat Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari jasa fotocopy saat ingin melakukan scan dokumen yang ada. Kemudahan melakukan scan dokumen saat ini sudah berada di dalam genggaman Anda.

Hal yang perlu diingat saat Anda menggunakan aplikasi ini adalah pastikan dokumen yang akan di scan diletakkan pada tempat yang cukup sinar dan terang. Ruangan yang gelap dan temaram akan membuat hasil scan menjadi buruk dan tidak berkualitas.

Pencahayaan alami dari sinar matahari sangat diperlukan, jika Anda akan menggunakan aplikasi ini dan mendapatkan hasil yang baik.

Semoga pembahasan yang telah disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada banyak orang agar semakin banyak yang mengetahui cara di atas.

Selamat mencoba!