Tips & Guide

Cara Sign Out dari Akun Gmail di Beberapa Perangkat dari Jarak Jauh

[geeksblog.com]
Selalu saja  ada saat di mana Anda terpaksa Log in ke akun Gmail Anda melalui perangkat lain. Mungkin saja Anda melakukannya pada komputer kantor, ponsel teman, komputer warnet, dan sebagainya. Akun Gmail merupakan sesuatu yang harus  Anda tidak ingin pada suatu hari orang-orang selain Anda bisa melihat isi akun Gmail Anda tanpa sepengetahuan Anda? Untuk itu, jangan pernah lupa untuk Log out dari akun Gmail Anda setelah selesai digunakan. Namun, bagaimana jika Anda merasa bahwa Anda lupa Sign out dari perangkat lain? Bukan hanya itu, Anda juga mungkin lupa perangkat apa saja yang Anda sudah gunakan untuk log in ke dalam Gmail. Tenang saja, hal itu bisa diselesaikan dengan mudah.

Gmail sendiri sebenarnya memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk Log out dari jarak jauh atau tanpa menggunakan perangkat yang dimaksud. Fitur ini sudah lama ada, tapi memang banyak orang yang masih belum mengetahuinnya. Berikut ini caranya:


  • Buka halaman Gmail pada browser web di komputer, kemudian Log in ke dalam akun Gmail Anda. Perlu dicatat, aktivitas ini tidak bisa dilakukan melalui aplikasi Gmail untuk perangkat Android/iOS.
  • Scroll ke bagian paling bawah Inbox Gmail Anda. Tepat di pojok kanan bawah, terdapat tulisan kecil yang berbunyi “Last account activity beserta tautan “Details” di bawahnya. Klik tautan tersebut untuk melanjutkan.
  • Kemudian, akan muncul halaman yang berisi daftar perangkat-perangkat yang telah log in dengan akun Gmail Anda baru-baru ini. Luangkan sejenak waktu Anda untuk melihat isi daftar tersebut. Pada kolom pertama yang berjudul “Access Type” Anda bisa melihat jenis browser, perangkat, aplikasi atau server mail (seperti POP atau IMAP) yang Anda gunakan untuk mengakses Gmail. Jika Anda tidak mengetahui aktivitas yang tertera pada halaman tersebut, seperti lokasi atau tipe akses, mungkin saja ada orang lain yang meretas akun Anda atau memiliki akses pada akun Anda, bisa melalui penipuan phishing atau malware. Jika ini yang terjadi, maka sebaiknya Anda segera mengganti password Anda untuk berjaga-jaga. Pastikan Anda membuat password yang kuat dan tidak mudah ditebak.
  • Setelah itu, tekan tombol “sign out all other web sessions” untuk log out dari Gmail Anda pada berbagai perangkat di lokasi yang berbeda.
  • Selesai. Akun Gmail Anda pun akan di log out dari perangkat-perangkat lain.
Baca Juga:  Marak Tindakan Persekusi di Media Sosial, Begini Cara Menangkisnya

Namun, tentu saja saya lebih menganjurkan pada Anda untuk segera log out dari akun Gmail setelah digunakan jika Anda memang log in pada perangkat lain. Ini dia caranya:

  • Buka Gmail.
  • Klik foto profil Anda yang berada di sebelah kanan atas.
  • Klik Sign Out.

Jika Anda login pada aplikasi Gmail untuk Android/iOS, maka Anda harus menghapusnya dari perangkat tersebut. Perlu diingat, menghapus akun Gmail dari perangkat mobile bukan berarti Anda tidak akan bisa menggunakan lagi akun itu. Anda bisa kembali log in  dengan akun itu dan menggunakannya. Berikut ini caranya:

  • Buka menu Settings atau Setelan pada perangkat yang dimaksud.
  • Buka bagian Account.
  • Hapus akun yang dimaksud.