Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara untuk Membasmi Adware dan Spyware Pada PC Windows Anda

[Foto: rapidtricks.com]
Terinfeksi adware dan spyware tidak kalah menyebalkannya dengan terkena virus. Selain mengganggu, hal ini juga berpotensi berbahaya bagi penggunanya. Sebelum melangkah lebih lanjut, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu adware dan spyware. adware merupakan software yang bisa menginstall dirinya sendiri pada sebuah PC/Komputer pengguna tanpa sepengetahuan pengguna tersebut. Yang paling menggangu ialah, ia akan sering menampilkan pop-up iklan ketika  pengguna sedang browsing internet. Sementara itu, spyware merupakan software yang dapat menginstall dirinya dengan tujuan untuk mencuri data user dan merusak sistem PC milik user. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk membasmi keduanya:

Matikan koneksi internet pada PC Anda. Bukan hanya menutup semua browser dan memutus koneksi internet, akan lebih baik jika Anda langsung mencabut kabel yang menghubungkan PC Anda dengan modem atau router. Jika Anda kesulitan mengakses kabel pada PC, Anda bisa melepaskan kabel ethernet atau kabel telepon dari modem atau router. Hal ini dilakukan guna mencegah spyware tersebut bekerja secara diam-diam di balik layar tanpa sepengetahuan Anda.


Uninstall aplikasi-aplikasi asing secara manual. Sebelum melakukan langkah yang lebih ekstrim, ada baiknya jika Anda mencoba untuk memberantas spyware dan adware secara manual. Buka Start Menu -> Control Panel -> Add/Remove Programs List. Jika Anda bisa menemukan adanya aplikasi asing pada daftar program yang terinstall, langsung klik lalu pilih opsi Remove. Setelah berhasil meng-uninstall aplikasi tersebut, restart PC Anda.

Pindai PC Anda secara menyeluruh. Gunakan pemindai dari Antivirus yang paling up-to-date. Jika memungkinkan, pilihlah opsi untuk memindai PC Anda dalam Safe Mode. Jika diminta, izinkan anti virus untuk membersihkan, mengkuarantina, atau menghapus item yang telah terinfeksi atau yang mencurigakan.

Menggunakan Tool Pihak Ketiga. Tool gratisan bernama SmitFraudFix bisa Anda coba untuk membasmi adware maupun spyware. Sementara itu, untuk membasmi scareware alias software yang ‘menakut-nakuti’ Anda agar membeli produk ‘keamanan’, Anda bisa menggunakan MalwareBytes. Jika usaha yang Anda lakukan tidak menghasilkan apapun, Anda harus mengakses drive tanpa memberikan peluang bagi adware atau spyware tersebut untuk berjalan. Cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan BartPE Bootable CD. Dengan ini, Anda bisa mengakses file manager, mencari lokasi antivirus yang sudah terpasang, kemudian memindai ulang sistem.

Mengecek ulang ‘kebersihan’ PC Anda. Meski sudah berhasil membasmi malware yang aktif, pastikan tidak ada residu-residunya yang tersisa pada PC Anda. Caranya, reset start dan home pages pada browser Anda; pastikan data HOSTS Anda belum diambil alih; dan pastikan situs yang mencurigakan tidak ada di dalam daftar situs yang dipercaya pada browser.