Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Untuk Memindahkan Foto dan Video dari iPhone/iPad ke PC Tanpa iTunes

[Foto: HuffingtonPost.com]
Pernah tidak Anda ingin memindahkan data dari perangkat iOS Anda ke dalam PC, namun PC tersebut tidak memiliki program iTunes? Jika harus mengunduh dan menginstall program tersebut pada PC, tentunya itu akan memakan waktu yang lebih banyak lagi.

Ternyata, kita tidak perlu menginstall iTunes pada PC hanya untuk memindahkan foto atau video. Caranya bahkan sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Perlu diketahui, Windows secara otomatis membaca iPhone Anda sebagai kamera. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses gambar dan video pada PC seperti saat mengakses kamera digital pada umumnya. Berikut ini langkah-langkahnya:


  • Sambungkan iPhone atau iPad Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  • Kemudian, kotak dialog akan muncul dan menanyakan apakah komputer tersebut dapat dipercaya. Pilih ‘Trust’.
  • Sekarang, Windows akan mendeteksi perangkat iOS Anda sebagai kamera.
  • Masuk ke File Explorer -> This PC, klik ikon perangkat iPhone atau iPadmu dua kali.
  • Setelah itu masuk ke Internal Storage -> DCIM, kemudian semua folder foto dan video Anda akan muncul.
  • Anda pun tinggal mengcopy-paste data yang ingin Anda masukkan ke dalam PC.
Baca Juga:  Airplane Mode di Windows 10 Tidak Bisa Dimatikan? Ini Solusinya

Jangan dulu putus asa jika Anda mengalami kesulitan ketika menggunakan cara ini. Terkadang, ada beberapa kasus di mana PC Windows tidak dapat membaca data di dalam perangkat iOS Anda. Hal ini dapat diatasi dengan cara masuk ke Start Menu -> Devices and Printers. Setelah itu, pilih perangkat iOS Anda -> klik kanan -> Troubleshooter. Hal ini akan memperbaiki masalah koneksi pada perangkat Anda dengan PC. Dengan begini, Anda pun bakal mempunyai backup data di luar perangkat iOS Anda tanpa perlu repot-repot menginstall iTunes.