Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara Untuk Mengakses WhatsApp Pada iPad/iPod Touch Melalui Safari

[Foto: technobuffalo.com]
WhatsApp merupakan salah satu messenger yang paling populer pada saat ini. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa mengirimkan pesan pada teman maupun sekelompok teman hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan aplikasi tersebut. Ini merupakan sebuah layanan yang tersedia di hampir seluruh dunia, dan memiliki lebih dari 1,2 milyar pengguna aktif pada Januari 2017 ini saja.

Sayangnya, untuk saat ini pengguna iOS baru bisa menggunakan aplikasi ini di iPhone saja. Tidak ada aplikasi WhatsApp untuk perangkat iPad maupun iPod Touch. Tapi jangan cemas, pada artikel ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya mengakses layanan WhatsApp melalui iPad dan iPod Touch melalui WhatsApp Web. WhatsApp Web akan menghubungkan akun WhatsApp di smartphone Anda kemudian menyampaikan pesan yang didapatkan pada iPad/iPod Touch Anda.


Caranya adalah mengakses WhatsApp Web melalui browser Safari. Beginilah cara mengakses layanan WhatsApp via Safari:

  • Jalankan browser Safari pada iPad/iPod Touch Anda, kemudian masuk ke alamat web.whatsapp.com. Saat sedang loading, Anda bisa melihat bahwa alamat tersebut tidak akan membawa Anda pada interface WhatsApp Web melainkan homepage WhatsApp.
  • Pada iOS 9 ke atas, ketuk lalu tahan pada ikon Reload yang terletak di address bar browser Safari. Sebuah tombol bertuliskan Request Desktop Site akan muncul–kemudian pilih tombol tersebut.
  • Halaman tersebut akan loading lagi dan menampilkan interface WhatsApp Web dengan QR code yang bisa dipindai dan dipasangkan dengan iPhone Anda. Dengan menggunakan iPhone Anda, masuk ke dalam Settings -> WhatsApp Web kemudia pindai QR Code tersebut untuk memasangkan kedua perangkat tersebut.
  • Selesai! Kini Anda dapat mengakses pesan WhatsApp melalui perangkat iPad maupun iPod Touch.

Perlu dicatat, bahwa cara ini memiliki beberapa kekurangan. Pertama, Anda tidak akan bisa mengirimkan voice notes–meskipun Anda masih bisa memutar voice note yang didapatkan. Kedua, Anda tidak akan mendapatkan notifikasi jika ada pesan baru yang masuk. Namun, secara keseluruhan ini layanan ini mudah untuk diakses dan bisa jadi alternatif yang baik untuk para pengguna WhatsApp.