Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Cara untuk Mengosongkan Ruang pada Penyimpanan Internal Android yang Penuh

[Foto: simpledyah.blogspot.com]
Pernahkah Anda ingin meng-install sebuah aplikasi, namun rencana tersebut gagal karena kapasitas memori internal Anda tidak cukup untuk menampungnya? Ini dia cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan ruang pada penyimpan internal Android yang penuh.

Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak pernah atau jarang digunakan. Cara yang biasa saya lakukan adalah masuk ke menu Settings -> Installed Apps, kemudian menyortir daftar aplikasi yang ada di smartphone saya berdasarkan ukurannya. Setelah itu, saya mulai menghapus aplikasi-aplikasi tak terpakai yang mempunyai paling besar. Hal ini saya lakukan guna mempercepat proses dan menghindari meng-uninstall lebih banyak aplikasi. Saya akui, tahap ini memang cukup menantang untuk dilakukan karena Anda harus belajar untuk memprioritaskan aplikasi mana yang dapat dipertahankan dan mana yang tidak.


Pindahkan foto atau video. Mungkin Anda tidak sadar, tapi jika dikumpulkan seluruh foto selfie Anda bisa memakan ruang yang cukup besar pada penyimpan internal Anda. Tenang, Anda tidak perlu menghapus foto maupun video tersebut. Cukup pindahkan semua atau sebagian foto dan video ke komputer atau mungkin ke dalam penyimpanan Cloud Anda. Jika Anda punya memori eksternal, Anda bisa menggunakannya juga agar foto dan video tersebut masih bisa diakses dan dibawa-bawa dalam smartphone Anda.

Hapus data cacheJika smartphone Anda memiliki fitur Cleaner, maka menghapus cache di seluruh aplikasi akan lebih mudah. Namun, jika tidak Anda harus menghapus cache secara manual di tiap aplikasi. Cara ini dapat menghapus preferensi aplikasi atau pencarian lama. Namun tidak akan ada data penting yang dihapus, misalnya progress pada sebuah game.

Hapus dan menonaktifkan bloatwareBanyaknya bloatware atau aplikasi bawaan yang tak digunakan merupakan masalah yang sering dialami oleh pengguna Android. Anda bisa membaca cara-cara untuk menghapus dan menonaktifkan bloatware pada artikel ini.