Review

Cari Smartphone dengan Baterai Daya Tahan Lama? Ini Pilihannya

[Foto: flickr.com]
[Foto: flickr.com]
Dari semua spesifikasi smartphone yang dijabarkan di berbagai sumber maupun yang tertera di buku manual dalam kardus ponsel yang Anda beli, mana di antara semua itu yang menurut Anda menjadi penting dalam penggunaan sehari-hari?

Kemungkinan, apapun fitur pada smartphone itu merupakan faktor penting. Entah itu resolusi layar, kecepatan, kapasitas memori, kualitas kamera, dan lain sebagainya. Namun, ada satu hal yang tak kalah pentingnya, yaitu daya tahan baterai.

Sebenarnya, baterai merupakan sumber daya energi yang cukup krusial dalam kehidupan ponsel milik Anda. Apa jadinya jika smartphone Anda kehabisan baterai di saat-saat genting? Tentunya cukup menyebalkan, bukan? Memang, saat ini kehadiran powerbank sangat membantu. Namun, terlalu sering menggunakannya juga tidak baik bagi kualitas baterai.

Oleh sebab itu, banyak cara yang dilakukan vendor smartphone untuk menarik minat konsumen. Salah satu caranya adalah dengan membuat smartphone berkapasitas baterai besar yang memungkinkan daya tahan lebih lama saat dipakai seharian penuh.

Selain itu, dukungan spesifikasi hardware juga menjadi modal penting agar konsumen tak kecewa dengan performa smartphone yang dibelinya. Terutama saat dipakai menjalankan aktivitas berat seperti bermain game, berfoto selfie, berselancar internet, dan menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.

Dilansir dari cnet, beberapa vendor handset pun kini sudah mulai meluncurkan smartphone berkapasitas besar di pasaran. Nah, bagi Anda yang penasaran ingin tahu smartphone apa saja yang berkapasitas besar, simak ulasannya berikut ini.

Moto Z Play

Mengawali kebangkitannya di pasar smartphone, Motorola atau Moto benar-benar serius menggarap produk besutannya. Moto Z Play memiliki baterai berkapasitas 3150 mAh yang mampu bertahan selama 23 jam 15 menit. Untuk segmen kelas menengah, harganya pun terbilang sepadan, yakni berkisar Rp 5 jutaan.

Samsung Galaxy S7 Active

Berkat lini produknya yang hadir di segala rentang harga dan spesifikasi, Samsung memimpin pasar smartphone Android di dunia. Salah satu yang tak banyak orang tau adalah Galaxy S7 Active yang hadir bagi pecinta aktivitas luar ruang. Salah satu spesifikasi andalannya adalah baterai berkapasitas 4.000 mAh yang dapat bertahan 16-21 jam.

OnePlus 3T 

Meski tak sepopuler Samsung Galaxy, smartphone pabrikan Hong Kong ini juga dapat menjadi salah satu pilihan ponsel berkapasitas besar. Berbekal baterai berdaya 3.400 mAh, OnePlus 3T dapat bertahan selama kurang lebih 16 jam. Selain itu, smartphone ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang didalamnya membawa 2 inti processor berkecepatan Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo.

LeEco Le Pro 3

Saat ponsel ini sedang dalam masa uji, LeEco Le Pro 3 mampu menyala selama 16,5 jam. Layar smartphone ini full HD berukuran 5,5 inch dengan metal unibody setipis 7,5 m, sehingga diklaim sebagai smartphone tertipis di dunia dengan volume baterai yang besar. Daya tahan baterainya memang besar karena ponsel 5,5 inci dibekali baterai sebesar 4.070 mAh.

Huawei Mate 8 

Harga Mate 8 memang terbilang masuk ke kategori ponsel premium, yakni US$ 650 atau Rp 8,8 juta. Namun harganya sepadan dengan spesifikasi dan fitur andalan. Dengan layar 6 inci, Mate 8 terbilang menarik untuk ponsel berlayar jumbo. Bodinya dibalut dengan kover metal, fitur fingerprint, dan baterai 4.000 mAh. Pengguna pun dapat memainkan video selama 15,5 jam. 

Samsung Galaxy J3

Pilihan terakhir adalah Samsung. Ternyata, merek ini masih memiliki seri lain yang mengandalkan baterai berkapasitas besar, yakni Samsung Galaxy J3. Meski kapasitasnya hanya 2.600 mAh, Galaxy J3 dapat menyala selama 15 jam 40 menit.

Itulah beberapa rekomendasi smartphone dengan baterai berdaya tahan lama. Tertarik memilikinya?

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID