News

Chan Zuckerberg Initiative Merekrut Vice President Amazon

[Gambar: venturebeat | venturebeat.com]
Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan kabarnya tengah mengupayakan organisasi filantropi dengan nama Chan Zuckerberg Initiative yang kini dikabarkan sedang merekrut Chief Technology Officer pertamanya yaitu mantan search VP dari Amazon, Brian Pinkerton. Zuckerberg membuat pengumuman di halaman Facebook-nya. “Membangun sebuah tim engineering kelas dunia dimulai dengan seorang pemimpin yang besar. Brian Pinkerton adalah pemimpin besar. Aku ingin bekerja dengannya untuk waktu yang lama,” tulis Zuckerberg.

Chan Zuckerberg Initiative merupakan organisasi filantropi independen yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan pada tahun 2015. Chan dan Zuckerberg telah berjanji untuk menyumbangkan $ 3 miliar untuk menyembuhkan penyakit di atas muka bumi pada akhir abad ini.

Pendekatan Chan Zuckerberg Initiative adalah dengan menggunakan engineering untuk menciptakan perubahan sosial, berbeda dari kebanyakan organisasi filantropi. Banyak organisasi filantropi hanya berinvestasi pada modal dan kerja keras. Padahal ketika organisasi-organisasi filantropi dapat melakukan engineering, menciptakan alat, dan memberdayakan orang, perubahan sosial akan benar-benar tercipta, tulis Zuckerberg di halaman Facebook-nya.

Chan Zuckerberg Initiative tengah berupaya untuk membantu pengajar untuk menciptakan alat-alat belajar ke ratusan sekolah, membantu ilmuwan untuk membangun alat-alat baru yang dapat membantu menyembuhkan, mencegah, dan mengelola semua penyakit di dunia, serta membawa perubahan sosial .

Brian Pinkerton sendiri adalah tokoh yang berpengaruh dalam bidang engineering. Dia pernah jadi search VP di Amazon dan General Manager di Amazon untuk pencarian dan teknologi iklan. Pinkerton pun pernah menduduki posisi yang penting pada bidang teknologi selama 20 tahun, membangun software dan alat-alat untuk Departemen Biologi Molekuler, dan pernah membangun mesin pencari internet pertama, Web Crawler, ketika ia bersekolah di program PhD di University of Washington.

Tak hanya itu, Pinkerton menghabiskan 5 tahun terakhir bekerja sebagai search VP di Amazon, A9.com. Ia pun pernah menduduki posisi VP dan GM selama empat tahun di sana, setelah jadi kepala arsitek selama hampir 2 tahun. Kini di Chan Zuckerberg Initiative, pekerjaan Brian Pinkerton adalah untuk membangun tim engineering kelas dunia yang akan membantu mengambil peluang terbesar dan tantangan yang tengah dihadapi masyarakat di masa ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID