Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Charger iPhone Anda Rusak? Perhatikan Dulu Hal-Hal Ini Sebelum Beli yang Baru

[Foto: payetteforward.com]
Pernah punya charger iPhone yang sudah ngadat dan tidak berfungsi lagi sebagaimana mestinya? Jangan dulu membuangnya atau membeli charger baru. Mari kita intip dulu cara-cara yang bisa dilakukan sebelum menggantinya.

Cara memeriksa apakah charger masih berfungsi

Ada dua bagian pada sebuah charger iPhone, iPad, dan iPod. Bagian pertama adalah Apple Power Adapter dan Lightning atau USB cable. Adapter biasanya langsung dicolokkan ke stop kontak, sementara itu kabel Lightning akan menghubungkan adapter dengan perangkat Apple yang Anda miliki, baik itu iPad, iPhone, atau iPod. Jika semuanya bagian sudah lengkap dan terpasang dengan baik tapi perangkat masih saja tidak mulai mengisi baterai, ada beberapa hal yang perlu Anda periksa. Pada intinya, Anda harus mencoba mengganti komponen-komponen tersebut satu per satu hingga akhirnya Anda menemukan bagian mana yang sebenarnya rusak.


  • Apakah kerusakan terletak pada stop kontak? Cobalah menggunakan stop kontak lain ketika sedang mengisi baterai pada perangkat Anda.
  • Apakah kerusakan terletak pada iPhone atau iPad? Cobalah mengisi baterai perangkat iOS lain dengan menggunakan kabel, adapter, dan plug yang sama. Jika ternyata charger tersebut berfungsi pada perangkat iOS lain, maka kemungkinan besar yang rusak bukanlah charger Anda.
  • Apakah kerusakan terletak pada kabelnya? Cobalah menggunakan kabel charger yang berbeda jika Anda mempunyai kabel cadangan. Dalam uji coba kali ini, tetap gunakan perangkat, adapter, dan plug yang sama. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan kabel yang sama untuk menghubungkan iPhone atau iPad Anda pada Mac. Jika Mac Anda mampu membaca perangkat tersebut dan bersinkronisasi, maka itu artinya tidak ada masalah pada kabel tersebut.
  • Jika Anda sudah bisa memastikan bahwa kerusakan tidak terletak pada stop kontak, perangkat iOS Anda, dan kabelnya, maka bisa dipastikan bahwa kerusakan terdapat pada power adapter nya. Anda bisa langsung mengecek hal ini dengan menggunakan power adapter cadangan, tapi menggunakan stop kontak yang sama, kabel yang sama, serta perangkat iOS yang sama.

Langkah-langkah di atas setidaknya bisa membantu Anda untuk mengetahui dan mengidetifikasi komponen manakah yang menjadi akar permasalahan dan harus Anda perbaiki atau ganti.

Jika yang rusak adalah kabel charger

Seperti yang mungkin Anda sadari, kabel charger keluaran Apple memang cenderung ringkih dan mudah rusak. Untuk menghindarinya, disarankan bagi Anda untuk menggunakan protector pada kabel. Cara menggunakannya biasanya dengan cara melilitkan protector di kabel tersebut. Namun, jika kabel sudah terlanjur rusak, Anda bisa membalutnya dengan solasi ban untuk memperkut sambungan yang sudah melonggar. Jika kerusakan sudah cukup parah, maka opsi terbaik adalah membeli kabel yang baru.

Jika yang rusak adalah Apple Power Adapter

Jika kerusakan terletak pada adapter Anda, maka jangan berusaha untuk memperbaiki adapter itu sendiri. Cara paling aman dan mudah adalah membeli kembali adapter yang baru. Pastikan Anda membeli adapter yang original karena adapter yang di luar itu belum tentu bisa berjalan sebagaimana mestinya dan bahkan beresiko mengalami konslet.