Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Coba 3 Program Gratisan Ini untuk Membuka File DMG pada PC Windows

[Gambar: iconninja.com]
Tak ada satu pun versi dari sistem operasi Windows yang mendukung format DMG. Seperti yang mungkin Anda ketahui, file DMG adalah OS X disk image file yang didukung pada sistem operasi Mac OS X. Oleh karena itu, pengguna Windows perlu menggunakan peranti lunak pihak ketiga untuk membuka file DMG pada PC nya.

Bagi Anda yang sudah pernah atau sering menggunakan Mac OS X akan mengetahui bahwa data dengan format ini mayoritas digunakan untuk menginstall aplikasi di Mac. Dengan kata lain, aplikasi yang diunduh untuk digunakan pada Mac OS X pasti menggunakan ekstensi .DMG dan dapat di-mount dengan mudah dengan cara mengklik dua kali pada file tersebut. Sebenarnya, cukup banyak pilihan program yang bisa digunakan untuk membuka atau mengekstrak file DMG di Windows. Namun, saya hanya akan membahas tiga program terbaik untuk mengakses file DMG pada PC Windows. Berikut ini program-program tersebut.

DMG Extractor

DMG Extractor mungkin merupakan program pertama dan satu-satunya yang dirancang khusus untuk menangani file DMG di Windows. Berhubung DMG Extractor dirancang khusus untuk file DMG, program tersebut dapat membuka file .DMG yang terenkripsi tanpa harus mengkonversikannya terlebih dahulu ke format lain. Tidak hanya itu saja, file dengan ekstensi RAW, Bzip2, Zlib, dan Zero block type DMG juga didukung oleh DMG Extractor.


Satu-satunya kelemahan pada DMG Extractor versi gratis adalah program tersebut tidak dapat membuka file DMG yang memiliki ukuran lebih besar dari 4GB. Namun, bagi mayoritas pengguna ini bukanlah masalah besar. Cara menggunakan DMG Extractor cukup sederhana. Setelah menginstall program tersebut, klik kanan pada file DMG yang ingin Anda buka, kemudian klik opsi untuk membuka file dengan program DMG Extractor. Alternatif lainnya adalah menjalankan program  DMG Extractor, kemudian klik tombol Open, lalu pilih file DMG pada konten file DMG yang dipilih. Untuk mengekstrak file DMG, klik tombol Extract lalu pilih lokasi untuk menyimpan kontennya.

HFSExplorer

Program gratis lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengekstrak file DMG pada Windows adalah HFSExplorer. Dengan HFSExplorer , Anda dapat membuka disk dan disk images dengan format Mac pada Windows. Meskipun HFSExplorer memang relatif mudah digunakan, perlu dicatat bahwa program ini tidak semudah DMG Extractor. Anda perlu menginstall Java SE Runtime Environment 5.0 ake atas untuk menjalankan HFSExplorer. Selain itu, program ini juga tidak mendukung semua jenis format DMG, termasuk format DMG UDF. Meskipun begitu, tidak ada ketentuan mengenai batas ukuran file DMG pada program ini. Untuk menggunakannya, caranya adalah: menjalankan HFSExplorer; klik menu File; lalu klik Load file system dari opsi path untuk mencari ke file DMF.

7-Zip

Mayoritas pengguna PC pasti sudah familiar dengan program yang satu ini. Jika Anda belum pernah menggunakan 7-Zip sebelunya, perlu diketahui bahwa ini merupakan program gratis yang bisa digunakan untuk mengkompres data dan sebaliknya. Selain format 7z, Zip, dan RAR, 7-Zip juga mendukung format DMG. Namun, 7-Zip ini hanya bisa melakukan unpack pada file DMG.