Home  »  Opinion   »  
Opinion

Daftar Artis Indonesia yang Banting Setir Jadi CEO Startup

[Foto: keepo.com]
Menjadi seorang Chief Executive Officer (CEO) tampaknya memang cukup menggiurkan di tengah iklim startup di Indonesia yang makin berkembang. Banyak orang menilai masa depan startup di Indonesia cukup bagus, mengingat kemampuan pasar untuk mengkonsumsi, ditambah lagi keterbukaan orang Indonesia mengadopsi hal-hal baru, dalam hal ini dari segi bisnis maupun teknologi.

Terbukti, di Indonesia banyak startup yang muncul justru dimotori oleh kalangan yang sebelumnya sudah bisa dibilang cukup mapan dengan profesinya. Salah satunya adalah dari kalangan selebritis. Jika kita memperhatikan, kini banyak sekali artis yang banting setir menjadi CEO startup, meski tidak meninggalkan dunia keartisannya secara total. Startup yang muncul pun cukup beragam. Dari mulai startup yang fokus di bisnis clothing line, media populer, hingga pengembangan aplikasi maupun startup digital lainnya yang kini sedang nge-hype.

Nama-nama berikut ini mungkin sebelumnya telah kamu kenal di jagat dunia hiburan. Siapa sangka di balik bakat seninya yang cukup mumpuni, kini mereka juga menjabat posisi baru sebagai founder maupun CEO dalam startup yang dibangunnya.

Christian Sugiono

Mendengar nama Christian Sugiono pasti yang terbayang artis tampan setengah bule yang sering wira-wiri di film-film Indonesia. Ternyata, tak hanya jago akting, suami dari sesama artis, Titi Kamal, ini juga seorang CEO dari startup. Tak tanggung-tanggung, Christian merupakan CEO dari dua buah startup sekaligus. Yang pertama adalah MBDC Media dan kedua adalah Setipe. MBDC atau malesbanget.com merupakan media dengan konten populer yang cukup beken di kalangan anak muda Indonesia. Dengan konten singkat dan menghibur, MBDC cukup mampu menarik pembacanya yang mayoritas adalah anak muda yang akrab dengan dunia maya dan hal-hal yang menjadi tren di sana.


Sementara, Setipe sendiri adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk menemukan pasangan yang setipe. Melalui dasar mencocokkan kepribadian hingga preferensi, Setipe membantu jomblo di Indonesia menemukan pasangan idamannya.

Dennis Adiswhara

Dennis sebelumnya juga dikenal sebagai pemain film. Pria berkacamata ini sempat populer dalam perannya sebagai Mamet dalam film fenomenal Ada Apa Dengan Cinta pada tahun 2002. Sempat menempuh studi di bidang perfilman dan melakoni profesi sebagai aktor sekaligus sutradara membuat Dennis menciptakan startup yang juga tak jauh dari dunianya sebagai aktor, yakni startup bidang video online bernama Layaria. Layaria merupakan sebuah channel untuk video-video dari seniman video creator di Indonesia.

Dalam sebuah wawancara, Dennis mengungkapkan bahwa ide membuat Layaria diawali dari kejenuhan dia melihat konten di TV maupun video-video yang dibuat oleh creator lokal. Dennis menyederhanakan istilah online video channel network sebagai gabungan dari studio TV, agensi, dan inkubator bisnis. Lebih lanjut, Layaria tak hanya sebatas pada tempat di mana video creator dapat mempublikasikan karyanya, namun juga sebagai tempat untuk pengembangan content production, inkubasi dan akselerasi para creator partner, hingga distribusi promosi hasil karya creator partner.

Daniel Mananta

Jika dua CEO sebelumnya dikenal dari dunia perfilman, kali ini hadir CEO selebritis yang terkenal di dunia MC atau pembawa acara. Daniel Mananta muncul dalam dunia hiburan Indonesia sebagai VJ setelah memenangkan ajang MTV VJ Hunt tahun 2003. Setelah itu karirnya terus menanjak sebagai pembawa acara dan juga aktor. Rupanya, tak puas berkarir di dunia hiburan, baru-baru ini Daniel Mananta yang dikenal juga dengan nama VJ Daniel juga mendirikan sebuah startup dengan produk urban street wear bernama Damn! I love Indonesia. Melalui usahanya ini, Daniel berusaha menunjukkan patriotisme dan cinta tanah air dengan mengenalkan Indonesia melalui cara-cara yang kekinian dan nge-hype.