News

Dari Luar Angkasa ke Bumi, RoboGlove Ini Bisa Maksimalkan Kekuatan Tangan Anda

[Foto: via venturebeat.com]
[Foto: venturebeat.com]
Sarung tangan robot (RoboGlove) yang merupakan hasil kerja sama antara NASA dan General Motors (GM) yang dirancang untuk digunakan di dalam International Space Station (ISS) kini telah “mendarat” dan memiliki fungsi baru di Bumi. Bioservo Technologies, sebuah perusahaan med-tech asal Swedia dilaporkan telah melakukan sebuah kesepakatan dengan General Motors untuk mengembangkan RoboGlove yang akan digunakan pada bidang manufaktur, kesehatan, dan industri lainnya.

Perusahaan yang bermarkas di Stockholm ini memang berspesialisasi dalam bidang pengembangan teknologi soft exoskeleton dan robotika, juga dalam menciptakan produk-produk “peningkat-kekuatan.” Perusahaan ini dikenal dengan produknya yang bernama SEM Glove yang digunakan sebagai alat bantu kerja bagi orang-orang yang memiliki gangguan pada otot. Kini, Bioservo nampaknya berencana untuk menggabungkan teknologi pada SEM Glove dengan RoboGlove.

[Foto: venturebeat.com]
[Foto: venturebeat.com]
RoboGlove sendiri bekerja dengan cara meniru sistem saraf, otot, dan kecekatan tangan manusia melalui sensor dan aktuator. Meskipun begitu, sarung tangan ini tidak dapat berdiri sendiri. RoboGlove pada hakikatnya dirancang untuk menambah kekuatan dan pegangan tangan manusia guna meringankan tekanan dan rasa lelah saat melakukan tugas yang berulang.

Seperti yang dilansir Venture Beat, dalam  kerja sama ini Bioservo akan mengembangkan sebuah perangkat baru yang serupa dengan RoboGlove. Perangkat yang ditargetkan pada sektor industri ini bertujuan untuk “meningkatkan efisiensi operator manusia sekaligus mengurangi kelelahan pada otot tangan.”

General Motors kabarnya berencana untuk menguji coba produk baru ini di pabrik manufakturnya setelah prototipe sarung tangan ini tersedia. Sarung tangan yang bisa meningkatkan kekuatan ini juga rupanya dapat digunakan dalam rehabilitasi fisik. Namun tentunya, masih ada beberapa hal yang harus disesuaikan. Mulai dari standarisasi terhadap mekanisme produk dan adaptasi sarung tangan ke ukuran tangan yang berbeda.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID