Home  »  Review   »  
Review

Dari Sisi Sains, Inilah Penjelasan Tentang Manfaat Air Zam Zam

[Foto: musliminc.com]
Air zam zam sudah menjadi buah tangan yang lazim dibawakan oleh orang sepulang berhaji atau umrah. Seperti maknanya dalam Bahasa Arab, zam zam berarti “melimpah ruah”. Meski terus dipompa, air ini tidak kenal surut. Berliter-liter airnya terus dibawa pulang oleh jamaah sebagai cenderamata.

Air yang dianggap suci oleh umat Muslim ini diyakini memiliki khasiat yang tidak sama dari air biasa. Salah satunya, orang-orang yang kelelahan mengaku merasakan ledakan energi ketika meminum air zam zam. Benarkah demikian?

Para ilmuwan pun menemukan rahasia yang menjelaskannya secara ilmiah. Bahkan, Dr. Hamdi Saif dari Alexandria University, melalui penelitian kimia dan fisika dalam air zam zam, menyimpulkan bahwa zam zam adalah air terbaik di permukaan Bumi.

Zam zam memiliki keseimbangan elektrolit yang sempurna, juga mineral esensial yang sangat baik dan penting bagi kesehatan. Air ini juga sangat alami dan murni, karena bebas dari satu pun mikroorganisme patogen.

“Air zamzam sangat membantu dalam pengobatan seperti penyakit ginjal dan jantung, masalah mata, migrain, dan sejumlah kondisi kronis lainnya,” kata Dr. Saif.

Air zam zam juga sudah lama dianalisis di banyak laboratorium di Arab dan Eropa. Dibandingkan dengan air botolan dari mata air di sejumlah negara, hasil analisisnya adalah zam zam menjadi yang terbaik.


“Tidak seperti air lainnya, zam zam mengandung kalsium, magnesium, dan fluorida. Ini adalah kandungan unik dan khusus yang membuat zamzam memiliki khasiat untuk menyegarkan kembali para jamaah yang kelelahan,” katanya.

Istimewanya lagi, zam zam tidak mengenal kadaluarsa, meski harus hati-hati dengan kontaminasi wadah atau lokasi penyimpanannya. “Zam zam 100 persen alami. Tidak ada klorin di dalamnya, juga tidak diolah secara kimia dengan cara apapun.”

Senada dengan Dr. Saif, peneliti Puslit Geoteknologi LIPI, Robert M. Delinom mengatakan bahwa air zam zam memiliki kandungan mineral yang lebih dibandingkan dengan air tanah pada umumnya. Salah satunya, dipengaruhi lingkungan geologis dan cuaca.

Robert memaparkan kondisi sekitar Mekkah yang tidak banyak air hujan dan cuaca panas mengakibatkan terjadinya penguapan mineral yang terkonsentrasi dalam air, sehingga lebih berkhasiat. “Lebih menyehatkan badan, energinya lebih, memberikan nutrisi pada tubuh,” katanya.

Sementara itu, seorang dokter asal Jerman, Dr. Knut Pfeiffer, yang merupakan spesialis pengobatan internel sudah menemukan bahwa air zam zam memiliki lima kali lipat efek positif dibanding air biasa.

WHO menilai air zam zam baik untuk kesehatan
Sejatinya, keberadaan sumur—yang merupakan sumber air zam zam—di wilayah dengan udara hangat mengundang tumbuhnya vegetasi, seperti alga dan lumut. Namun ajaibnya, hal ini tidak terjadi pada sumur zamzam. Melansir dari laman Gulf Times, sumur ini tetap bebas dari kontaminasi biologis sejak ribuan tahun lalu.

Dr. Ahmad Abdul-Qaadir al-Muhandiss mengindikasikan hasil dari analisis kimia yang menunjukkan bahwa air zam zam adalah air murni. Air yang tanpa warna dan bau, punya rasa khusus, dan mengandung hidrogen 7,5, dan sedikit banyak mengandung alkalin.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh laboratorium di Amerika menunjukkan bahwa terdapat 30 elemen pada air zam zam. Elemen ini memiliki neutron yang membangkitkan energi. Sehingga, WHO menilai  bahwa air zam zam baik untuk kesehatan.

Air ini juga mengandung sodium yang sangat tinggi. Berdasarkan berbagai analisis kimia, cuaca yang kering membuat air zam zam lebih bergaram akibat penguapan.