News

Dell Dikabarkan akan Menjual Divisi IT Services-nya ke Perusahaan Jepang, NTT

[Foto: isriya | flickr.com]

Beberapa waktu lalu, Dell mengakuisisi sebuah perusahaan data storage provide, EMC Corp. Nilai akuisisi EMC Corp ini adalah 67 milliar dollar. Tapi tidak seluruh pembiayaan akuisisi ini dibayar dengan cash, sebagian dengan saham.

Namun, akibat pembiayaan akuisisi ini, Dell harus berhutang 43 miliar Dollar. Sumber Reuters yang cukup familiar dengan isu ini mengatakan, itulah sebabnya Dell ingin menjual divisi IT Servicesnya ke NTT Corp. Hasil penjualan ini akan digunakan untuk membantu pembayaran hutang Dell demi mengakuisisi EMC Corp.

Divisi IT Services Dell ini pun sebenarnya adalah hasil akuisisi. Dulunya divisi ini adalah sebuah perusahaan yang bernama Perot System. Setelah diakusisi Dell sebesar 3,9 miliar Dollar, Perot System menjadi divisi IT Services di dalam Dell.

Penjualan divisi IT Services Dell ini dikabarkan nilainya adalah 3,5 miliar Dollar. Jadi sebenarnya Dell jual rugi jika dibandingkan dengan harga pembelian Perot System dulu.

Walaupun kabar penjualan divisi Dell ini sudah beredar luas, sebenarnya proses penjualannya sendiri belum final. NTT Data masih menunggu persetujuan resmi dari dewan direksi  mereka untuk pembelian ini.

Saat Recode.net mencoba menghubungi pihak Dell, mereka menolak untuk memberi komentar. Silver Lake (perusahaan Private Equity) yang juga memiliki sebagian saham di Dell pun tidak segera merespon ketika diminta keterangan.

Tentang Dell

Dell Computer adalah perusahaan yang awalnya fokus pada pembuatan dan penjualan PC. Didirikan tahun 1984 dan bermarkas di daerah Texas, Amerika Serikat. Hingga saat ini Dell termasuk salah satu perusahaan terbesar di Amerika. Posisinya masih berada di peringkat 51 pada Fortune 500 di tahun 2014. Di tahun 2015, Dell masih merupakan produsen PC terbesar ketiga setelah Lenovo dan HP.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID