News

Dengan Tato Temporer Ini, Anda Bisa Mengontrol Gadget Dari Kulit Anda Sendiri

[Foto: techcrunch.com]
Saat ini, kebanyakan orang memiliki tato hanya untuk kepentingan estetika saja. Namun, di masa yang akan datang, Anda dapat menggunakan tato untuk mengontrol gadget maupun komputer Anda. Ilmuwan dari MIT dilaporkan telah bekerja sama dengan Microsoft untuk menciptakan sebuah interface layar sentuh baru yang bernama DuoSkin. Teknologi ini berupa sebuah tato temporer yang dapat terhubung dengan smartphone atau komputer, lalu dapat digunakan sebagai touchpad atau untuk melakukan komunikasi nirkabel.

“Dengan tato ini, siapapun dapat membuat interface pada kulit mereka sendiri,” ujat mahasiswa Ph.D. MIT, Cindy Hsin-Liu Kao dalam pernyatanyaan. “Bahan yang kami gunakan membuat [tato tersebut] telihat bagus dan memiliki tampilan logam.”

Dia menambahkan bahwa tato tersebut tidak hanya terlihat keren, tapi juga harganya relatif terjangkau. Pendekatan ini diambil karena tim DuoSkin ingin memberikan teknologi yang terjangkau, menarik, dan trendi.

[Gif: gizmodo.com]
[Gif: gizmodo.com]
Tato DuoSkin ini dapat digunakan dalama tiga cara: menggunakannya sebagai alat input yang dapat mengubah kulit Anda menjadi trackpad atau tombol kontrol virtual pada perangkat yang tersambung; menggunakannya sebagai output yang dapat mengubah warna berdasarkan suhu tubuh Anda; atau mengirimkan data melalui jaringan nirkabel NFC yang akan dibaca oleh perangkat lain. Tato ini juga bisa dilengkapi LED yang dapat memberikan efek cahaya pada kulit.

Tim peneliti menekankan bahwa mereka ingin sistem ini dapat diakses dengan mudah oleh banyak orang. Orang-orang yang berminat dapat menggunakan program desain apapun—bahkan Microsoft Paint—untuk merancang sirkuit tato ini.

Setelah sirkuit dirancang, maka Anda dapat mencetaknya menggunakan kertas tato. Langkah terakhir adalah melapisinya dengan gold leaf, lalu memotong bagian-bagian yang ada di luar outline desainnya. Lalu, pakaikan tato tersebut pada kulit Anda dan Anda pun bisa mulai mengotak-atik gawai Anda dengan tato temporer ini.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID