Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Detoks Setelah Lebaran

Opor ayam, rendang, dan makanan berlemak lainnya seakan menjadi menu wajib saat hari Raya Lebaran. Belum lagi beragam kue yang terbuat dari mentega, gula, dan susu yang juga mengandung lemak. Makanan berlemak tersebut bukan hanya menyebabkan berat badan melonjak naik, namun juga memicu munculnya penyakit berbahaya, seperti hipertensi, diabetes, dan stroke. 

Jangan sampai bobot tubuh Anda yang berhasil turun akibat mengurangi makan dan minum selama puasa sebulan penuh, justru kembali naik. Nah, jika ingin melakukan diet detoksifikasi untuk menetralisir kembali tubuh dari makanan dan minuman yang kurang sehat, perhatikan beberapa hal berikut: 

1. Makan Normal 
Banyak orang mengira bahwa detoks dilakukan dengan cara hanya minum air putih seharian, atau minum jus buah/sayur selama beberapa hari. Berat badan jelas akan turun dalam waktu singkat. Tapi itu karena asupan nutrisi berkurang, bukan lemak yang luruh. 

Detoks yang sebenarnya adalah Anda tetap mengonsumsi makanan dengan lengkap yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serta mineral. Hindari konsumsi makanan dalam kemasan atau olahan yang tinggi sodium, bahan pengawet, dan perasa tambahan. 

2. Porsi Makan 
Makanlah dengan porsi yang sama, tetapi ganti setengahnya dengan sayuran hijau dan buah segar. Sepiring nasi merah dan sayur akan menjadi kombinasi yang sehat untuk tubuh Anda. 

3. Atur Karbohidrat 
Jenis karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti, mie, serta makanan lain yang terbuat dari tepung terigu merupakan tersangka utama penyebab kegemukan. Karbohidrat sederhana akan cepat menaikkan gula darah tapi cepat juga menurunkannya. Tubuh pun terasa lemas, ngantuk, dan cepat lapar sehingga ingin makan dan makan lagi. 

Namun Anda tak bisa menghilangkan asupan karbohidrat demi menurunkan berat badan. Karbohidrat tetap diperlukan sebagai sumber energi untuk tubuh agar bisa beraktivitas. Pilihlah karbohidrat kompleks yang lebih sehat, seperti nasi merah dan pasta gandum. 


4. Kardio 
Latihan kardio seperti jogging, spinning, atau aerobik dapat membakar kalori dan membuang racun dalam tubuh lebih optimal, sehingga penurunan berat badan pun lebih cepat. Tapi bukan berarti Anda harus melakukan aktivitas tersebut setiap hari. Latihan yang sama setiap hari dalam jangka waktu lama akan membuat Anda bosan dan akhirnya malas berolahraga. Tubuh pun kembali gemuk. Sebaiknya kombinasikan kardio dengan latihan lain, seperti yoga, pilates, atau angkat beban. 

Bagi Anda yang tak punya banyak waktu untuk berolahraga di gym, maka lakukanlah di rumah, misalnya lompat tali atau aerobik dengan panduan DVD. 

5. Buah Detoks 
Semangka, mangga, bit, dan lemon bisa Anda konsumsi bergantian sebagai camilan. Keempat buah tersebut memiliki kandungan beta-karoten yang mampu membuang racun dari tubuh Anda. 

Seperti yang dijelaskan oleh Andang Gunawan dalam buku Food Combining Kombinasi Makanan Serasi, kandungan serat dan air pada buah juga berfungsi membersihkan kotoran dalam saluran usus besar. Kebersihan usus besar merupakan faktor penting untuk kesehatan, termasuk menjaga berat badan ideal. 

Berikut manfaat dari keempat buah tersebut: 
a. Semangka 
Buah semangka termasuk anti-inflamasi yang mengandung banyak air untuk menambah cairan dalam tubuh. Semangka juga bisa mengatasi sembelit dan memiliki kandungan gula alami yang sehat bagi penderita diabetes serta pelaku diet. 

b. Mangga 
Buah mangga mengandung vitamin A dan C untuk melindungi kulit dari kerusakan. Sedangkan serat mangga bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Namun, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi buah ini karena mengandung karbohidrat tinggi. 

c. Bit 
Bit atau beetroot merupakan buah yang kaya zat besi dan protein yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan produksi sel darah dan melancarkan aliran darah. Kandungan vitamin C, B3, B6 dan beta-karotennya berkhasiat membuang racun dari dalam tubuh Anda. 

d. Lemon 
Dalam ajaran Ayurveda, mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari dipercaya dapat membersihkan pencernaan dan membuang racun dari dalam tubuh. 

Nah, sudah siap berolahraga demi tubuh bugar? Bagi Anda yang telah bergabung dengan Futuready bisa mendapatkan kelas gratis selama 14 hari di Celebrity Fitness dan 2 sesi gratis personal trainer. Belum terdaftar sebagai anggota Futuready? Gabung sekarang di sini!