News

Direct Message Pada Twitter Kini Dilengkapi Fitur ‘Read Receipt’ Seperti Pada WhatsApp

[Gambar: Twitter.com]
Twitter mengumumkan bahwa mereka telah memperbaharui fitur Direct Message-nya dan menambahkan read receipt pada fitur tersebut. Seperti pada umumnya, read receipt ini berupa tanda centang yang terletak di sebelah keterangan waktu terkirimnya pesan. Dengan pembaharuan ini, Anda dapat melihat apakah pesan yang dikirimkan sudah sampai dan dibaca oleh penerimanya. Pembaharuan ini kini sudah langsung tersedia pada aplikasi Twitter di perangkat Android dan iOS tanpa perlu melakukan update lagi.

Jika Anda termasuk ke dalam orang-orang yang menjunjung privasi dan lebih memilih jika orang-orang tidak tahu apakah Anda sudah membaca DM yang dikirimkan pada Anda, Anda dapat menonaktifkan opsi read receipt ini melalui pengaturan keamanan pada Twitter Anda. Namun sebagai konsekuensinya, Anda juga tidak bisa melihat read receipt pada pesan yang Anda kirimkan sendiri.

Selain menambahkan fitur read receipt, Twitter juga menambahkan fitur typing indicator dan expanded preview untuk tautan yang Anda kirimkan. Typing indicator ini serupa dengan fitur yang sudah ada di WhatsApp. Jika Anda sedang melakukan pembicaraan dengan teman Anda di DM, Anda bisa melihat ketika lawan bicara Anda sedang mengetik pesan. Sementara itu, expanded preview akan menampilkan thumbnail beserta deskripsi singkat dari tautan yang Anda kirimkan melalui DM. Tentunya fitur-fitur ini sudah tidak asing lagi bagi pengguna aplikasi messaging lainnya seperti WhatsApp, BBM, atau iMessage.

Sebelumnya, Twitter juga telah membuat pembaharuan pada fitur Direct Message-nya yakni dengan menghapus batasan 140 karakter yang ada pada fitur pesan tersebut. Sepertinya, mereka memang ingin penggunanya lebih sering memanfaatkan fitur ini. Banyak yang berspekulasi bahwa langkah Twitter untuk memperbaharui fitur DM nya mengindikasikan bahwa mereka mungkin saja akan membuat aplikasi DM yang terpisah dari aplikasi Twitter..

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID