Home  »  Tips & Guide   »  
Tips & Guide

Download Video Youtube Menjadi MP3? Gampang, Ini Langkah-Langkahnya!

Saat ini Youtube sudah menjadi salah satu sarana hiburan masyarakat perkotaan yang sering disibukkan dengan pekerjaan sehari-hari. Lewat Youtube masyarakat bisa mengakses berbagai berita terkini, video komedi, sampai video musik dari artis favorit.

Banyak dari masyarakat yang lebih memilih untuk mengunduh video yang ada di Youtube untuk ditonton di waktu yang berbeda. Namun yang menjadi masalah, tidak semua video yang ada di Youtube bisa disimpan di dalam smartphone. Hal ini dikarenakan banyak sekali data internet yang akan termakan saat melakukan download tersebut.

Salah satu cara untuk menghemat penggunaan data internet adalah dengan menyimpan video tersebut dalam bentuk MP3 atau audio. Video musik menjadi salah satu jenis video yang bisa Anda ubah ke dalam bentuk MP3.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mengubah format video Youtube menjadi MP3?

Langkah-langkahnya cukup mudah, berikut penjelasannya lebih lanjut.

1.Buka Situs Layanan Konversi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka situs layanan konversi dari format video ke audio. Salah satu situs layanan tersebut yang bisa kamu coba gunakan adalah greennmp3.com. Menggunakan konverter berbasis situs lebih praktis dibandingkan dengan menggunakan konverter dalam bentuk aplikasi. Hal ini dikarenakan konverter yang berbentuk aplikasi bisa memakan banyak memori smartphone.

2.Input Tautan


Setelah Anda membuka situs konverter, maka langkah selanjutnya cukup masukkan tautan video di Youtube yang ingin Anda konversi menjadi MP3. Kemudian pilih “Convert to MP3”, lalu tunggu proses konversi yang butuh beberapa lama untuk mengubah konten.

3.Download File yang Sudah Dikonversi

Di saat proses konversi selesai, maka situs greenmp3.com akan mengarahkan Anda ke kotak yang bertuliskan “Download”. Pilih kotak tersebut untuk mengunduh file yang selanjutnya bisa Anda  putar secara offline.

Hasil konversi yang Anda  lakukan akan otomatis tersimpan ke dalam format MP3 di perangkat Laptop, PC, atau Smartphone. Hal ini tergantung dari perangkat apa yang Anda gunakan untuk melakukan proses konversi.

3 Kelebihan yang Anda  Rasakan Saat Menggunakan Situs Konversi

Setelah Anda mengetahui langkah yang perlu dilakukan untuk mengonversi video Youtube ke audio. Berikut 3 kelebihan yang akan Anda rasakan saat menggunakan situs konversi.

Kelebihan yang pertama adalah Anda bisa menghemat lebih banyak waktu dan menghemat memori perangkat untuk menyimpan konten tersebut. Kelebihan ini akan sangat terasa di saat Anda memiliki perangkat dengan kapasitas memori yang terbatas.

Selanjutnya Anda bisa menghemat lebih banyak paket data yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan pengunduhan file audio tidak memerlukan data sebanyak mengunduh file berbentuk video. Gambaran kasar yang bisa Anda gunakan sebagai perbandingan adalah mengunduh 1 file video memakan data yang sama dengan 3-4 file audio.

Kelebihan yang terakhir adalah jika Anda menggunakan konverter dengan basis situs, artinya Anda tidak memerlukan aplikasi yang diinstall di sebuah smartphone. Hasil konversi yang Anda lakukan juga akan otomatis tersimpan di perangkat sehingga sangat praktis untuk diakses.

Ada banyak sekali kemudahan dan kelebihan yang akan Anda rasakan saat menggunakan situs konversi untuk mengunduh file audio. Mulai dari penghematan data yang terpakai, lebih praktis, dan menghemat lebih banyak memori.

Semoga informasi yang kami sajikan di atas bisa menginspirasi Anda semua.

Tertarik untuk mencoba trik yang dibahas di atas?

Selamat mencoba!