News

eBay Merilis Bot yang Dapat Mempermudah Shopping

 

[Gambar: ebay | ebay.com]
Bot merupakan salah satu fitur yang tengah naik daun pada tahun 2016 ini. Google, Microsoft dan Facebook adalah beberapa nama yang terkenal berkecimpung dalam kancah per-bot-an. Bot tak lain merupakan bagian dari strategi mereka tahun ini. Maraknya perusahaan yang berkelut dengan bot tak membuat eBay tinggal diam. Kabarnya, pihak eBay akan segera meluncurkan bot untuk berbelanja yang dapat digunakan pada Facebook Messenger dalam versi beta dengan nama Shopbot.

Tak usah khawatir, Shopbot ini mudah digunakan. Hanya dengan membuka Facebook Messenger dan mencari eBay Shopbot kita sudah dapat dengan praktis berbelanja. Kita tinggal memberitahu Shopbot apa yang ingin kita beli dan Shopbot akan memulai pencarian barang yang kita maksud dan memberikan saran. Bahkan, kita dapat memeberikan kriteria tambahan untuk mempermudah pencarian.

Ambil contoh kita hendak mencari pakaian. Shopbot akan memberikan saran yang tepat. Bahkan, Shopbot akan menawarkan kita pilihan yang berbeda untuk warna, bahan, ukuran, dan sebagainya untuk pencarian yang lebih akurat.

Tak hanya itu, kita dapat mengupload foto  dan Shopbot akan menganalisis dan mencari item yang kita maksud di internet. Meski demikian, jangan terlalu berharap untuk mendapatkan barang yang tepat dan cocok tiap kalinya. Terkadang foto  yang kita upload tampak rancu bagi Shopbot, sehingga ketika kita memberi gambar iPhone 6S, iPhone 4 lah yang akan ditampilkan oleh Shopbot. Bahkan terkadang kita diberikan saran barang yang sama sekali berbeda dengan yang kita maksud.

Namun secara keseluruhan, fungsi pencarian dari Shopbot ini cukup bagus. Meskipun, fungsi pencarian Shopbot terkadang gagal pada proses pembelian. Ketika kita sudah memilih item, Shopbot akan menampilkan halaman detil di aplikasi Messenger browser. Kita tinggal mengklik tombol “beli” dan kita akan diminta untuk login dengan akun eBay.

eBay Shopbot memenuhi misi perusahaan dengan menempatkan layanan pada pengguna dengan platform yang berbeda. “Kita yang akan datang ke tempat pengguna dan pembeli kami, dibandingkan membiarkan mereka harus pergi keluar ke eBay.com atau aplikasi mobile kami,” kata direktur produk EBay, R.J. Pittman. eBay Shopbot kini tersedia dalam versi beta dan dapat bekerja pada iOS dan versi Android dari Facebook Messenger, serta di web.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID