News

Elon Musk Akan Perkenalkan Atap Bertenaga Surya Pada Tanggal 28 Oktober Mendatang

[Foto: electrek.com]
Perusahaan tenaga surya yang baru saja merger dengan Tesla, SolarCity, berencana akan menampilkan sebuah produk baru pada sebuah sebuah perhelatan yang akan diadakan pada tanggal 28 Oktober mendatang di San Francisco. Produk itu sendiri merupakan sebuah atap yang diintegrasikan dengan panel tenaga surya. Hal ini diumumkan oleh CEO Tesla sekaligus pemimpin SolarCity, Elon Musk melalui akun Twitter-nya:

“Aiming for Oct 28 unveil in SF Bay Area of new Tesla/SolarCity solar roof with integrated Powerwall 2.0 battery and Tesla charger.” ~ Elon Musk (@elonmusk)

Seperti yang tertera pada akun Twitter Elon Musk, atap tenaga surya ini akan mengintegrasikan baterai Powerwall 2.0—sebuah perangkat home battery bertenaga surya—dengan charger mobil Tesla. Selain itu juga, ini akan menjadi yang pertama kalinya mereka menampilkan Powerwall versi 2.0 yang pernah diumumkan oleh Musk di sebuah acara di Prancis pada awal tahun ini.

Pada umumnya, panel tenaga surya akan dipasang pada atap dengan menggunakan sistem pemasangan logam. Namun, SolarCity ini berencana untuk menjual atap yang sudah terintegrasi dengan serangkaian panel tenaga surya—bukan hanya sekedar panelnya saja. Musk mengatakan bahwa produk ini akan menarik para pemilik rumah yang berencana untuk membeli atap baru.

Sebelumnya, merger antara SolarCity dengan Tesla ini kerap kali dipandang sebelah mata oleh para pemegang saham dan analis. Namun, Musk berulang kali menekankan betapa pentingnya merger ini dalam rancangan “Master Plan” buatannya. Ia mengungkapkan bahwa merger ini sangat berkontribusi terhadap visinya untuk menciptakan sebuah ekosistem mandiri yang sepenuhnya dimotori oleh tenaga surya dan memiliki tingkat emisi nol persen. Musk juga menambahkan bahwa merger tersebut akan mendobrak hambatan yang ditemui pada saat kedua perusahaan itu masih terpisah.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID