Tips & Guide

Empat Cara Cepat Untuk Menambah Pengikut Anda di Instagram

[Foto: thenextweb.com]
Instagram sangat berguna untuk pengusaha atau perusahaan yang mengandalkan aspek visual, seperti gambar, video pendek, atau keduanya dalam penjualan produk atau layanan mereka. Instagram tidak mendukung penggunaan backlink atau tautan pendek yang dapat diklik dan mengarahkan pengguna ke halaman web atau blog Anda. Oleh karena itu, strategi penggunaannya agak berbeda dibandingkan media sosial lain. Cobalah cara di bawah ini untuk menambah jumlah pengikut Instagram Anda dengan cepat.

Profil yang baik. Anda hanya diperbolehkan untuk meletakkan alamat laman web Anda di bagian profil. Jadi, Anda perlu menuliskan alamat laman web maupun alamat blog Anda di sini. Jika tidak, akan sulit mengubah para pengikut Anda menjadi pembeli. Selain mempunyai alamat laman web atau blog, Anda juga perlu mempunyai profil yang unik. Jika Anda merupakan pedagang kecil, maka yang terbaik untuk diperlihatkan kepada para pengikut Anda adalah profil Anda sendiri, lalu ‘menjual’ profil Anda (bukan perusahaan Anda). Oleh karena itu, Anda perlu memasang foto Anda sendiri, bukan foto kucing, bunga, atau gambar lainnya. Kemudian tulis nama Anda sendiri, dan nama perusahaan atau merek dagang Anda. Jika Anda ingin mengedepankan merek atau perusahaan Anda, logo perusahaan Anda harus digunakan sebagai gambar profil, lalu nama perusahan lengkap dengan cerita singkat tentang perusahaan Anda.

Penggunaan tagar. Dengan menggunakan tagar (hashtag), secara otomatis Instagram Anda akan lebih mudah untuk dicari. Tetapi jangan menggunakan terlalu banyak tagar yang akan membuat Anda terlihat seperti ingin mendapatkan banyak pengikut. Terlalu banyak menggunakan tagar hingga melebihi status yang Anda tulis membuat Instagram Anda terlihat bertele-tele. Anda pun harus menyadari bahwa tidak semua tagar dapat membantu untuk meningkatkan popularitas Instagram Anda. Tagar yang Anda gunakan harus mempunyai beberapa faktor seperti: spesifik, relevan dengan caption Anda, tidak terlalu panjang, sederhana, tidak terlalu formal, menyentuh sedikit emosi, buat tagar Anda sendiri, dan juga gunakan tagar popular. Dengan kombinasi tagar yang Anda buat sendiri dan yang telah popular, dengan sendirinya merek Anda akan terlihat lebih profesional, dipercaya, dan mudah dicari.

Kontes. Selain mengunggah gambar beresolusi tinggi dan video yang menarik, banyak yang tidak menggunakan strategi kontes untuk meningkatkan popularitasnya di Instagram. Pikirkan tujuan yang ingin Anda capai, hadiah yang akan diberikan, dan buatlah sebuah kontes yang mudah. Para pengguna haruslah menekan tombol Follow dan menjadi salah satu pengikut Anda sebelum mengikuti kontes yang Anda selenggarakan. Kemudian gunakan strategi untuk menekan tombol Like pada status kontes tersebut, atau dengan tag teman-teman mereka. Para peserta haruslah menggunakan tagar tertentu yang Anda buat sendiri dalam foto atau video yang mereka ikut sertakan (foto atau video yang diikutsertakan haruslah hasil karya mereka sendiri). Dengan kontes semacam ini, jumlah pengikut Anda pasti akan meningkat dalam sekejap.

Bekerjasama dengan selebriti. Selebriti sebenarnya dibagi menjadi dua jenis. Pertama adalah para artis populer seperti penyanyi, aktor, bintang olahraga terkenal dan sebagainya. Dengan karir mereka yang setiap hari ada di televisi, radio, dan berita, popularitas mereka secara otomatis akan menjadikan Instagram mereka juga populer. Mereka mempunyai sekurang-kurangnya 50.000 pengikut. Selebriti jenis kedua adalah mereka yang populer di internet atau hanya populer di Instagram. Mereka dikenal sebagai selegram atau selebriti Instagram. Mereka terlihat aktif di internet, terlihat begitu ceria, unik dan menarik, menjadikan mereka begitu populer. Karena mereka mempunyai jumlah pengikut yang sangat banyak, ini adalah waktu yang tepat untuk bekerjasama dengan mereka untuk meningkatkan popularitas Instagram Anda, terutama jika Anda mempunyai rekan selebriti seperti diatas.

Tulisan ini adalah kontribusi dari Azleen Abdul Rahim, seorang content strategist di conper.me, dengan penyesuaian standar LABANA.id.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID