News

EMTEK Suntikkan Dana Total 432,69 Miliar Rupiah ke Bukalapak.com

[Foto: Bukalapak.com]
Pada Februari 2015 lalu, media ramai dengan pemberitaan investasi EMTEK ke Bukalapak.com (situs marketplace pesaing terdekat Tokopedia). Investasi ini diberitakan merupakan putaran pendanaan Series B. Namun berita-berita itu menyisakan pertanyaan berapa nilai investasi tersebut. Selain itu tidak banyak juga yang tahu jika sebenarnya itu adalah investasi EMTEK yang kedua kalinya di Bukalapak.

Menilik dari laporan tahunan 2015 EMTEK (Elang Mahkota Teknologi), sekarang kita bisa lihat dengan jelas seperti apa tahapan investasi mereka di Bukalapak, dan tentu saja berapa besar nilainya.

Investasi I

Sebelum EMTEK ikut menanamkan modal, Bukalapak sebenarnya sudah pernah mendapatkan pendanaan dari beberapa investor lain, di antaranya Batavia Incubator dan GREE Ventures di tahun 2012.

Selain itu di bulan Februari 2014 Bukalapak juga kembali mendapatkan investasi baru dari Aucfan, IREP, 500 Startups, and GREE Ventures. Investasi kali ini merupakan putaran pendanaan Series A.

Investasi II – Series B

Pada 6 November 2014 barulah EMTEK melalui anak perusahaannya KMK berinvestasi di Bukalapak dengan menanamkan modal sebesar Rp 29 miliar. Dengan investasi ini KMK mendapatkan saham baru Bukalapak dari PT Kreasi Online Indonesia (Suitmedia). Dengan investasi ini kepemilikan KMK atas saham Bukalapak adalah 19,68%. Dengan begitu maka valuasi Bukalapak di November 2014 adalah sekitar Rp 150 miliar.

*KMK: Kreatif Media Karya. Anak perusahaan EMTEK ini juga meluncurkan bisnis digital buatan mereka sendiri: Liputan6.com, Bintang.com, Vidio.com dan Bola.com

Catatan: Di tahun yang sama, Tokopedia juga mendapatkan investasi, nilainya sekitar Rp 1,3 triliun.

Investasi III

Pada 9 Januari 2015, KMK kembali berinvestasi di Bukalapak sebesar Rp 123,69 miliar. Dengan investasi ini KMK mendapatkan 948.121 lembar saham baru dan membuat kepemilikannya di Bukalapak menjadi 42,74%. Inilah yang dimaksud putaran pendanaan Series B yang ramai diberitakan pada bulan Februari 2015 itu.

Dengan investasi baru ini, maka valuasi Bukalapak di Januari 2015 menjadi sekitar Rp 430 miliar. Luar biasa dalam hitungan tak sampai 3 bulan, valuasi Bukalapak naik 2 kali lipat lebih.

Investasi IV

Di bulan Agustus 2015, KMK menambah lagi kepemilikan sahamnya di Bukalapak sebesar 351.959 lembar saham, sehingga total kepemilikan KMK atas Bukalapak menjadi 49,00%. Sayang laporan keuangan dari EMTEK ini tidak menyebutkan berapa dana yang dikeluarkan untuk pembelian tambahan saham ini.


Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID