Home  »  News   »  
News

Facebook Akhirnya Resmi Luncurkan Messenger Day

[Foto: Facebook]
Pada hari Kamis, 9 Maret 2017, Facebook resmi meluncurkan Messenger Day secara global. Messenger Day  dibuat dengan format slideshow yang berputar. Berbeda dengan Snapchat yang seolah menceritakan apa yang Anda perbuat, Messenger Day dengan filter “Who’s up for?” dan Active Now-nya mengarahkan pengguna kepada teman-teman untuk mengobrol dan bertemu.

Seperti dilansir dari TechCrunch, Jumat, 10 Maret 2017, setelah mendapat jutaan pengguna melalui beberapa tes di banyak negara seperti Polandia dan Australia, Messenger Day kini tersedia untuk semua pengguna di manapun mereka berada. Fitur ini berada di bagian atas aplikasi pesan singkat Facebook baik untuk Android dan iOS, dan di jendela obrolan di Facebook versi desktop. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video kepada publik atau teman, yang akan menghilang otomatis setelah 24 jam.

Menurut pengamat media sosial, jika Messenger Day bertambah populer nantinya, fitur tersebut bisa mendorong tren komunikasi visual melalui kamera terbarunya yang dilengkapi banyak fungsi, dan menciptakan tren baru dalam percakapan pesan singkat.

Bersama dengan WhatsApp Status, Instagram Stories, dan Facebook Stories, Messenger Day kemungkinan akan mampu berkompetisi dengan Snapchat dalam hal pertumbuhan pengguna, yang telah terbukti menjadi titik lemah Snap. Satu milyar orang telah menggunakan Messenger, dan harga saham Snap agak turun pada pagi hari saat Messenger Day diluncurkan.

Menurut laman resmi Facebook, Messenger Day memang memiliki banyak tambahan visual, yakni grafik dan efek yang populer seperti hati yang beterbangan dan frame bertemakan Mardi Gras.


[Foto: Facebook]
Facebook juga menyatakan telah mempelajari bagaimana penggunanya membagikan foto dan video dengan menambahkannya pada Messenger Day masing-masing pengguna, di mana teman-teman mereka bisa melihat dan berkomentar mengenainya. Pengguna juga bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat Day mereka, dengan memilih opsi bagikan kepada semua, atau memilih teman atau anggota keluarga yang spesifik di Messenger.

Karena apapun yang pengguna kirimkan akan menghilang dalam 24 jam, maka mereka bisa mengirim apapun sebanyak-banyaknya. Jutaan orang telah menggunakan Messenger Day untuk menunjukkan apa yang sedang mereka lakukan, bagaimana perasaan mereka, mengundang teman untuk bergabung, atau hanya sekedar ngobrol.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Berikut keterangan dari Facebook.

Cara Kerja Messenger Day

  1. Pertama, pastikan Anda telah meng0update aplikasi Messenger ke versi terbaru.
  2. Buka Messenger, sentuh pada lambang kamera yang dihiasi gambar matahari. Dengan melakukannya, Anda akan langsung terhubung dengan kamera. Atau, sentuh “Add to your day” di bagian atas inbox untuk memulai.
  3. Ambillah selfie atau foto atau video dari apa yang ada di sekitar Anda.
  4. Untuk menambah grafis dan efek, sentuh ikon smiley di bagian kanan atas dan sentuh untuk menambahkan foto atau video Anda. Anda juga bisa menambahkan teks dengan menyentuh ikon “Aa” dan Anda bisa menumpuk gambar dengan menyentuh garis berlekuk-lekuk di sudut kanan atas.
  5. Begitu foto dan video sudah “didandani” sesuai keinginan, sentuh tombol panah di bagian kanan bawah. Anda bisa mengirimkannya langsung ke Messenger Day, menyimpannya di galeri ponsel, dan mengirimnya langsung kepada orang atau grup yang spesifik. Foto dan video tersebut hanya bisa dilihat selama 24 jam.