News

Facebook Aktifkan Fitur Safety Check Menyusul Tragedi di Nice, Perancis

[Gambar: Facebook.com]
Facebook mengaktifkan fitur Safety Check pada hari Kamis lalu menyusul serangan di Nice, Perancis. Setidaknyya 84 orang tewas dan ratusan orang luka-luka dalam tragedi yang terjadi pada saat perayaan Bastille Day tersebut.

Ini adalah yang ketiga kalinya bagi Facebook—dalam jangka waktu kurang dari 5 minggu—untuk mengaktifkan fitur Safety Check ini. Dengan fitur ini, pengguna Facebook yang berada di lokasi atau dekat dengan lokasi yang terkena bencana alam, serangan teroris, atau keadaan darurat lainnya dapat mengabarkan keadaan mereka kepada teman-teman Facebooknya.

Pada bulan Juni lalu, Facebook meluncurkan fitur ini setelah terjadinya penembakan massal di sebuah klub malam di daerah Orlando, Florida yang memakan 49 korban jiwa. Fitur ini kembali diaktifkan sekitar dua minggu kemudian setelah adanya serangan teroris di Bandara Ataturk, Istanbul yang menelan setidaknya 45 korban jiwa.

“Bulan lalu, kami mulai menguji coba sebuah  fitur yang memungkinkan orang-orang memulai dan berbagi informasi Safety Check di Facebook,” kata juru bicara Facebook dalam sebuah pernyataan. “Kami berharap orang-orang di daerah tersebut terbantu dengan fitur ini, terutama untuk memberitahu teman-teman dan keluarga mereka bahwa mereka baik-baik saja.”

Untuk menggunakan fitur Safety Check, Anda cukup memberi tanda bahwa Anda selamat dalam bencana tersebut dengan menggunakan aplikasi Facebook maupun langsung melalui situs Facebooknya.

Jika Facebook merasa bahwa Anda memang berada di zona bencana—baik melalui informasi profil Anda atau lokasi Anda pada saat ini—maka Facebook akan secara otomatis meminta Anda untuk menggunakan fitur tersebut.

Setelah Anda menandai diri Anda berada dalam kondisi aman, Anda akan diberikan opsi untuk memberitahukan keadaan Anda pada teman-teman Facebook Anda.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID