News

Facebook Akuisisi Startup Spesialis Pengembangan Hardware

[Foto: wired.com]
Facebook dilaporkan telah mengakuisisi Nascent Objects, sebuah startup di bidang pengembangan hardware yang dapat mengkreasikan sebuah prototipe dalam hitungan minggu. Startup ini sendiri bertujuan untuk mempermudah developer untuk mewujudkan sebuah konsep menjadi produk fisik secara cepat. Menurut keterangan yang didapat, Nascent Objects akan menjadi bagian dari program Facebook Building 8. Building 8, dengan lab riset yang baru dibangun pada awal tahun ini, fokus untuk membuat prototipe produk bar dalam waktu yang singkat.

“Kami sangat antusias untuk membangun produk-produk yang dapat membuka dunia pada semua orang dan membuatnya dengan jumlah yang tidak dapat kami bayangkan sebelumnya,” tulis Baback Elmieh, eksekutif utama Nascent Objects pada sebuah postingan blog. “Orang-orang sering berpikir mengenai software, bahwa Anda bisa mendapatkan apapun yang Anda mau, kapanpun juga. Kami ingin hal ini terjadi juga pada hardware—dan kami rasa Facebook adalah tempat yang tepat untuk mewujudkannya.”

Nascent Objects sendiri merupakan startup kecil yang berasal dari California dan berdiri pada tahun 2014. Usaha mereka berfokus pada produksi sistem elektronik modular yang dapat digunakan oleh pelanggan untuk membuat gadget, dengan komponen yang dapat dikonfigurasi ulang, termasuk baterai, kamera, sensor, komputer mini, dan lain-lain. Sebelum bergabung dengan Facebook, startup ini juga pernah bekerja sama dengan sebuah perusahaan desain bernama Ammunition dan bertanggung jawab atas desain produk Beats.

Tentu saja kehadiran Nascent Objects ini akan sangat berguna untuk perkembangan internal, terutama dalam hal prototipe dan uji coba. Baru-baru ini, Facebook sendiri telah memperkenalkan Area 404, sebuah ruang kolaborasi bagi teknisi dari berbagai kelompok untuk bekerja sama dan mempercepat progres proyek yang tengah dikerjakan.

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID