News

Facebook Berikan Fitur Instant Article Pada Aplikasi Messengernya

[Gambar: Facebook.com]
[Gambar: Facebook.com]
Facebook kini  menyediakan fitur Instant Article atau Artikel Instan pada aplikasi Messenger nya. Fitur yang sebelumnya terbatas pada aplikasi Facebook ini, kini dapat dinikmati juga di aplikasi Facebook Messenger pada perangkat Android.

Tidak seperti link biasa yang langsung memuat artikel pada in-app browser ketika dipilih, Instant Article bisa langsung dimuat di dalam aplikasi Facebook atau Facebook Messenger. Artikel ini akan langsung dibuka dan tidak akan mengarahkan pengguna ke situs yang mengeluarkan artikel tersebut.

Menurut Facebook, fitur Instant Article ini dapat memuat artikel 10 kali lebih cepat dari link biasa yang memuat artikel di browser. Hal ini disebabkan karena artikel tersebut benar-benar dihost di server Facebook dan ditampilkan dalam Facebook. Artinya, tidak ada lagi data tambahan yang harus diunduh ketika Anda membuka Instant Article.

Facebook sendiri sudah mulai bereksperimen dengan fitur tersebut sejak tahun lalu dengan sejumlah media partner dan sedikit demi sedikit mengembangkan fitur tersebut.

Kehadiran fitur Instant Article pada Facebook Messenger menandai pertama kalinya perusahaan tersebut memperluas fitur instant article di luar aplikasi utama Facebook.

Sama seperti fitur Instant Article di Facebook, para pengguna Facebook Messenger bisa melihat apakah sebuah artikel merupakan sebuah Instant Article dengan melihat ikon petir pada pratinjau atau preview nya.

Perlu diingat, iklan-iklan yang terdapat pada Instant Article di Facebook juga akan muncul pada artikel-artikel yang sama di facebook Messenger. Itu artinya, pihak media partner bisa mendapatkan pendapatan iklan yang lebih besar dengan menggunakan fitur Instant Article. Hal ini juga dapat mendorong media partner untuk memposting artikelnya dengan format Instant Article.

Untuk sementara ini, fitur ini baru tersedia  untuk pengguna Android saja. Kepala Facebook Messenger, David Marcus, mengatakan dalam sebuah postingan Facebook bahwa fitur tersebut akan tersedia di iOS “beberapa minggu ke depan.”

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID