News

Facebook dan Google Bangun Kabel Serat Optik dari Los Angeles ke Hong Kong

[Gambar: SDPnoticias | SDPnoticias.com]
Banyaknya mitra di Asia, membuat Facebook dan Google berupaya untuk membangun kabel terpanjang dan tertinggi dengan kapasitas serat optik di bawah laut di antara kedua benua. Pacific Light Cable Network (PLCN) akan terbentang 8.000 mil dari Los Angeles ke Hong Kong dengan perkiraan kapasitas 120 terabit per detik.

Pacific Light Cable Network berkapasitas dua kali lebih cepat dari kapasitas kabel yang terbentang di antara Oregon dan Jepang yang baru-baru ini diluncurkan oleh Google bersama dengan beberapa mitra Telco. Pembangunan kabel PLCN baru ini kabarnya tengah dimulai tahun ini dan akan mulai beredar dan berfungsi online dengan baik pada tahun 2018.

Facebook, Google, dan Microsoft memang merupakan tiga pemain utama dalam pembangunan infrastruktur dalam bidang telekomunikasi. Pada bulan Mei lalu, Facebook dan Microsoft bekerja sama untuk membangun kabel 4.100 mil baru yang menghubungkan Virginia dan Spanyol. Pacific Light Cable Network ini adalah kabel keenam yang merupakan hasil investasi Google.

Investasi yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan telekomunikasi ini didedikasikan untuk pembangunan dan pengelolaan Pacific Light Cable Network. Awal tahun ini, Jonathan Hjembo, seorang analis senior di TeleGeography, mengatakan bahwa jaringan swasta, kini tengah mencapai sekitar 60 persen dari kapasitas lalu lintas di trans-Atlantik.

Oleh karenanya, kabel PLCN di bawah laut ini akan membantu meningkatkan total bandwidth yang tersedia, tidak hanya untuk Facebook dan Google, tapi untuk banyak orang lain. Facebook dan Google kabarnya tengah berupaya untuk meningkatkan ketahanan internet global dengan meningkatkan jumlah rute yang mana datanya dapat melintasi lautan, seperti PLCN.

Kabel PLCN bawah laut ini hanya sebagian dari investasi Facebook dan Google. Keduanya memang terkenal dengan proyek spektakuler yang selalu mendapatkan perhatian besar dalam bidang infrastruktur, seperti proyek sebelumnya yang berupa drone dan balon yang mampu memberikan konektivitas. Banyaknya investasi dari kedua perusahaan ini, tentunya tak semata-mata hanya berguna untuk banyak orang lain. Investasi Facebook dan Google pun membantu perusahaan mereka untuk mengirim data bolak-balik dari pusat Facebook dan Google ke berbagai tempat.

Facebook dan Google memang terus tumbuh dan mendominasi perusahaan telekomunikasi di dunia. Dengan berbagai investasi, kini mereka semakin independen dari infrastruktur yang diciptakan oleh pemerintah. Facebook dan Google pun telah berkembang menjadi perusahaan yang berdiri sendiri dengan penemuan infrastruktur- infrastruktur baru.

 

Jangan lupa ikuti kami di Twitter untuk mendapatkan update terbaru dari @LabanaID